Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Reza Fahlefi, Vivi Rulviana, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan mengeksplor riset penelitian terdahulu yang mengkaji model pembelajaran project based learning berbantuan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar. Rendahnya keterampilan menulis puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu hambatan proses belajar. Dengan begitu perlu adanya penerapan model pembelajaran yang didukung adanya media. Sehingga hasil penelitian ini mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa dan mampu menciptakan suasana belajar yang aktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen one grub pretest posttest dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel jenuh digunakan pada penelitian ini dikarenakan jumlah sampel relatif kecil sekitar 20 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang sudah dilakukan menujukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05 maka dinyatakan H0 ditolak sedangkan Ha diterima.  Dengan demikian, model project based learning berbantuan media kartu bergambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar.


Keywords


Project Based Learning; Media Kartu Gambar; Keterampilan Menulis Puisi

Full Text:

PDF PDF

References


Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi project based learning berpendekatan science edutainment terhadap kreativitas peserta didik. Refleksi Edukatika: jurnal ilmiah kependidikan.

Aulia Fadhli. (2019). Dongeng dan Risalah Pengantar Tidur untuk Anak. Yogyakarta: Gava Media.

Burhan Nurgiantoro. (2019). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Daryanto, & Raharjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Gava media: Yogyakarta.

Faturrohman. (2016). Model - model pembelajaran inovatif. PT Raja Grafindo Persada. Ratumanan. Jakarta

Lilis Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mahendra. (2019). Manajemen karakter peserta didik melalui keterampilan menulis kritis. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Umi. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Windyariani, S. (2018). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd Pada Konteks Melestarikan Capung. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi.

Yulianti, T.U., Asri, S., & Ulfa, M. (2021). Pengaruh belajar berkelompok terhadap keterampilan menulis iklan. SEMNARA: Seminar Nasional Pendidikan STIKIP Kusuma Negara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.