Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Roseu Aliefah Kusuma, Eka Nofri Ari Yanto, Suyanti Suyanti

Abstract


Model pembelajaran aktif (active learning) dengan media mind mapping dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran bervariasi. dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan keaktifan siswa karena siswa dituntut untuk memunculkan ide-ide untuk membuat peta pikiran sendiri. Mind mapping mampu mengasah kemampuan kerja otak siswa karena mind map sarat akan unsur kreativitas. Melalui penerapan model pembelajaran mind mapping, siswa dapat mencatat dengan lebih kreatif sehingga materi yang ditulisnya otomatis terekam dalam ingatan siswa. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui  pengaruh  model  pembelajaran active bantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan informasi statistik.  Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel model pembelajaran active learning memengaruhi variabel dependen (Y) yakni Hasil Belajar. Pengaruh active learnig terhadap Hasil Belajar yaitu 0,435 atau 43,5% yang berarti bahwa variabel independen (X) yakni active learnig memengaruhi variabel dependen (Y) yakni Hasil Belajar sebesar 43,5%. Sisanya sebesar 56,5% dijelaskan oleh variabel lain


Keywords


Pembelajaran Aktif; Mind Mapping; Hasil Belajar

Full Text:

PDF PDF

References


Abdullah, Ridwan. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Buzan, Tony, (2013). Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nisa Sulistya. 2021. Pengaruh Metode Lihat Ucapkan Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) (Skripsi). Magelang: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sudaryono. (2021). Statistik I: Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Penerbit Andi

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.

Supriyadi.(2021).Evaluasi Pendidikan.NEM

Sutarto, & Mahardika, I. K. (2017). Model Pembelajaran REACT (Reading, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Disertai Media Video Kejadian Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Edukasi, 20-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.