Pengaruh Penggunaan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Media QR Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Ngegong

Tasya Muarifah, Apri Kartikasari, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Berdasarkan hasil data analisis data kegiatan pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan dengan media QR Code untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ngegong dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian ini berjalan dengan lancar dan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar terbukti dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar. Peningkatan hasil belajar diketahui dari perbandingan data pretest dan posttest. Rata rata nilai pretest adalah 65,35 dan rata rata nilai posttest adalah 71.72. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa meskipun peningkatannya tidak terlalu tinggi dari sebelum pemberian perlakuan dan setelah pemberian perlakuan. Perlakuan yang dimaksud adalah pembelajaran dengan model CTL (Contextual Teaching and Learning)


Keywords


Hasil belajar; CTL; QR Code

Full Text:

PDF PDF

References


-95-1-SM. (n.d.).

-Article Text-546-1-10-20200921. (n.d.).

-Article Text-73443-1-10-20231217. (n.d.).

Fauzan, A., Aldila Intan Maharani, Nazida Wahyu Dyah Pramesti, & Candra Ar Roziq I Pranoto. (2024). Penerapan Qr Code dalam Media Pembelajaran Terintegrasi Big Data Berbasis Smart And Green untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Identifikasi Tumbuhan di Sekolah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 145–154. https://doi.org/10.58230/27454312.342

Rahman, W. Y. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 1(1), 468–470.

Saleh, N., Saud, S., & Ashar, M. N. (2018). Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Asing pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Seminar Nasional Dies Natalis UNM, 57(July), 253–260.

Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1285

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA, cv.

Sujarwo, N. (2021). Analisis Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/MI. Invention: Journal Research and Education Studies, 2(3), 40–47. https://doi.org/10.51178/invention.v2i3.346

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970

Yuris Nasri. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 27 Limau Asam. Inventa, 5(2), 302–309. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3187


Refbacks

  • There are currently no refbacks.