Perkembangan Keterampilan Kognitif Siswa Kelas 2 SDNBangunsari 02 Mejayan

Raudya Tuffahra Romadhona, Armando Bagas Pratama, Ayu Novita Rahmadani, Puput Gadis Widiana, Riska Miftakhul Afidah, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kognitif peserta didik kelas 2 di SDN Bangunsari 02. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi sebagai alat pengumpul data. Observasi dilakukan terhadap 32 siswa dan 5 pemateri di kelas 2 SDN Bangunsari 02, Desa Bangunsari, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun pada tahun ajaran 2023/2024.Hasil observasi menunjukkan variasi dalam keterampilan kognitif siswa kelas 2A di SDN Bangunsari 02. Beberapa siswa aktif dan terlibat penuh dalam pembelajaran, sementara yang lain lebih pemalu atau pendiam. Terdapat siswa yang bijaksana dalam memecahkan masalah, namun ada juga yang hiperaktif dan sulit untuk fokus. Meskipun mayoritas siswa terlibat dalam pembelajaran, beberapa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran yang beragam diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan individu siswa.


Keywords


Perkembangan Keterampilan Kognitif; Pendekatan Pembelajaran; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Basri, H. (n.d.). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1-9.

Hanah Siahaan, W. S. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kognitif dan Strategi Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 15-24.

Hendra Budiono, A. U. (2020). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 138-145.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa': Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 116-152.

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik (JPT), 253263.

Rizky Paramita Yulianti, E. S. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP KINERJA SISWA. Jurnal Ilmiah Korpus, 117-128.

Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.

Hamre, B. K., & Pianta, R. C. (2005). Can instructional and emotional support in the first-grade classroom make a difference for children at risk of school failure?. Child Development, 76(5), 949-967.

Jensen, E. (2005). Teaching with the Brain in Mind. ASCD.

Paul, R., & Elder, L. (2006). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Learning and Your Life. Pearson/Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.