Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Kognitif IPAS Siswa Kelas IV

Robbi Alfianisnaini Muslimin, Octarina Hidayatus Sholikhah, Candra Dewi

Abstract


Kemampuan koginitif merupakan suatu kemampuan berupa transformasi pengetahuan yang ditimbulkan karena kegiatan pembelajaran hingga hasil akhirnya berupa peningkatan nilai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan media pop up book terhadap kemampuan kognitif IPAS siswa kelas IV.  Populasi yang digunakan peneliti yaitu siswa kelas IV Se-Kelurahan Mangkujayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan desain pre-test post-test control. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu 60 siswa kelas IV SDN 1 Mangkujayan. Instrumen yang digunakan oleh peneliti berupa tes. Tes terbagi dalam dua tahap, yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dilanjut uji keseimbangan dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh p-value <0.05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga model  PBL berbantuan media pop up book efektif terhadap kemampuan kognitif IPAS siswa kelas IV.


Keywords


Buku Pop Up; Pembelajaran Berbasis Masalah; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF PDF

References


Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177

Hardianti, T. (2018). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif dalampembelajaran fisika SMA. Seminar Nasional Quantum, 25, 557.

Izzuddin, A. (2021). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Jurnal Edukasi Sains, 3(3), 542–557. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Khadijah, A. S., Hasan, K., & Passinggi, Y. . (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 200–209.

Putri, D. K., & Purwanti, K. Y. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning ( PBL ) berbantuan media pop-up book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(1), 56–65.

Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2021). Development Of Pop Up Book Media As IPS Learning Media Material Of Cultural Diversity In North Sumatra Grade Iv Elementary School Students. Jurnal Pendidikan LLDIKTI Wilayah I, 1(1), 34–40.

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Utami, L. P. S. D. P., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Muatan Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 363–372.

Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2111–2120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5451


Refbacks

  • There are currently no refbacks.