Kepercayaan Diri Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa berkebutuhan khusus. Berdasarkan hasil penelitian study literatur didapatkan hasil tingkat kepercayaan diri siswa berkebutuhan khusus sangat rendah. Siswa berkebutuhan khusus memiliki kepercayaan diri yang lebih rendah jika dibandingkan dengan siswa normal. Apalagi jika anak berkebutuhan khusus menempuh Pendidikan di sekolah inklusi. Hal ini dipengaruhi oleh factor internal dan ekternal. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa berkebutuhan khusus dengan memperhatikan kelebihan dan kelemahan siswa serta potensi-potensi yang ada dalam diri siswa. Guru harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan positif dengan menggunakan pendekatan atau teknik pembelajaran yang disesuaikan dengan karkteristik siswa berkebutuhan khusus.
Keywords
References
Ariyanti, G., Easti Rahayu Maya Sari, A., & Ary Wicaksono, D. (2021). Pendampingan Pemahaman Konsep Matematika dan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Madiun Assistance in Understanding Mathematical Concepts and Self Confidence of Children with Special Needs in Madiun City. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 509–518. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
Hadi, F. R. (2016). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Slow Learners (Lamban Belajar). Premiere Educandum, 6(1), 35–41.
Mahardika, A. G., Putra, D. P., M, I., & Syam, H. (2022). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(5), 4342–4350.
Muzakkir, Nurhasanah, Fajriani, & Nurbaity. (2020). Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus dalam Mengikuti Pendidikan Inklusi. Suloh: Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, 5(1), 24–32.
Safitri, A., Rajiman, H., Dingomaba, L., Husain, R. R., & Tonra, W. S. (2022). Penerapan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tunadaksa Di Sd Negeri 49 Kota Ternate. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 39–48.
Salsabila, A. (2022). Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Tunarungu (Studi Kasus Siswa Sekolah Dasar Di SLB-B Don Bosco Wonosobo). Arkana Jurnal Komunikasi Dan Media, 01(01), 12–21.
Sri Maruti, E., Rulviana, V., Cahyaningtyas, T. I., Meilia, D., & Ananta, I. (2023). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Bagaimana pembelajaran yang efektif untuk anak berkebutuhan di sekolah inklusi? Bagaimana Pembelajaran Yang Efektif Untuk Anak Berkebutuhan Di Sekolah Inklusi?, 1531–1538. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Refbacks
- There are currently no refbacks.