Pendidikan Karakter Di Sekolah Minggu Pada Gereja GBI Eklesia Ponorogo

Nefa Rohmadina, Endang Sri Maruti

Abstract


Pendidikan yang terdapat di Sekolah Minggu memegang peranan penting dalam pertumbuhan spiritual dan perkembangan karakter anak. Sekolah Minggu merupakan kegiatan ibadah yang diadakan gereja untuk membimbing kerohanian anak-anak kepada Yesus Kristus. Tujuan pada penelitian ini adalah membahas mengenai analisis pendidikan karakter yang terdapat di Sekolah Minggu melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan, serta memahami peran guru Sekolah Minggu dalam kegiatan tersebut yang turut bertanggung jawab terhadap perkembangan karakter anak Sekolah Minggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang tertuang dalam berbagai kegiatan seperti storytelling, bernyanyi, bermain peran, dan sebagainya berperan cukup efektif dalam perkembangan karakter anak Sekolah Minggu. Kegiatan-kegiatan tersebut mampu membangun anak memiliki spiritualitas yang tinggi, memahami konsep moral dan menginternalisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak luput dari peran guru Sekolah Minggu yang mampu mengarahkan pemahaman anak mengenai ajaran Kristen serta berdampak baik dalam mengubah karakter dan perilaku anak Sekolah Minggu.

 


Keywords


Pendidikan Karakter; Sekolah Minggu; Anak

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Bawole, S. (2020). TANGGUNG JAWAB GURU SEKOLAH MINGGU DALAM KEHIDUPAN SPIRITUAL ANAK. Tumou Tou, 7(2), 143–156. https://doi.org/10.51667/tt.v7i2.459

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., & Mouw, E. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Laia, F. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH MINGGU DI GEREJA JEMAAT KRISTUS INDONESIA. Jurnal Excelsior Pendidikan, 4(2).

Limbong, J. T. (2020). Pendidikan Dan Pendampingan Terhadap Anak Sekolah Minggu Untuk Memaknai Tujuan Dari Pak Yakni Yesus Kristus Sebagai Tuhan. https://doi.org/10.31219/osf.io/72384

Octaviani, P. (2024). Penggunaan Metode Story Telling Guru Sekolah Minggu Dalam Pemahaman Alkitab Pada Anak usia 3-6 Tahun. Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 265–277. https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i1.305

Panggabean, Z., Nababan, E., Manalu, C. B., & Silalahi, F. Y. (2024). Pengaruh Strategi Pembinaan Warga Gereja Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak Sekolah Minggu. ELETTRA: Jurnal Pendidikan Penyuluhan Agama Kristen, 2(1), 32–40.

Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Simatauw, M. (2023). Pendidikan Karakter: Model Pembinaan Karakter Anak Oleh Guru-guru Sekolah Minggu. Ichtus: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 4(1), 56–66.

Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. ANWARUL, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

Yulianingsih, D. (2020). Upaya Guru Sekolah Minggu dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab di Kelas Sekolah Minggu. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 3(2), 285–301. https://doi.org/10.34081/fidei.v3i2.186

Zega, Y. K., Siahaan, R., Lase, M. B., Harefa, D., & S, D. L. (2022). Peran Guru Sekolah Minggu dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Era Teknologi. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 47–62. https://doi.org/10.53547/realkiddos.v1i1.247


Refbacks

  • There are currently no refbacks.