Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tipe Kepribadian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita matematika jika ditinjau dari tipe kepribadian keirsey. Dalam penelitian ini, dipilih 4 siswa kelas VI SDN 02 Josenan Kota Madiun dengan masing-masing mewakili tipe kepribadian idealist, guardian, artisan, rational yang akan digunakan sebagai subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes tertulis, dan wawancara. Angket penggolongan tipe kepribadian dan wawancara digunakan untuk mengetahui tipe kepribadian masing-masing siswa dan pemilihan subjek. Tes tertulis kemampuan berpikir kreatif dan wawancara digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif berdasarkan aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration dari masing-masing tipe kepribadian. Berdasarkan hal tersebut, perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki oleh keempat tipe kepribadian keirsey yaitu tipe kepribadian idealist hanya memenuhi aspek keaslian (originality), tipe kepribadian artisan memenuhi pada aspek memerinci (elaboration), dan tipe kepribadian guardian dan rational memenuhi pada aspek yang sama yaitu kelancaran (fluency) dan memerinci (elaboration), sedangkan pada aspek keluwesan (flexibility) belum mampu dipenuhi oleh keempat tipe kepribadian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2). https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800
Cahyono, B. E. H., & Sunarsih, D. (2020). Implementasi Model Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Cerita Pendek. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 19. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i2.5939
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643
Hashimov, E. (2015). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchers. Technical Communication Quarterly, 24(1), 109–112. https://doi.org/10.1080/10572252.2015.975966
Iskandar, A. F., Utami, E., & Prasetio, A. B. (2020). Word Analysis of Indonesian Keirsey Temperament. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(4), 365. https://doi.org/10.22146/ijccs.58595
Mccauley, C., & Van Velsor, E. (2010). The Center for Creative Leadership handbook of leadership development.
Panjaitan, B. (2015). Karakteristik Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 21(Nomor 1), 19–28.
Qomara, A., Ratnaningsih, N., & Santjka, S. (2022). Analisis Kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung. Jurnal Kongruen, 1(2), 189–193. https://publikasi.unsil.ac.id/index.php/kongruen
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639
Samura, A. ode. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics and Science, 5(1), 20–28.
Sari, E. M., Nizaruddin, N., & Utami, R. E. (2021). Profil Berpikir Kreatif Sisiwa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 69–77. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7180
Yazar Soyadı, B. B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253
Refbacks
- There are currently no refbacks.