PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA PADA SISWA SD

Vivi Devi Permatasari, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi canva pada siswa SD. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Sidomulyo 01 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, lembar angket respons guru dan siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi canva dibuat berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada, media pembelajaran yang dikembangkan pada pelajaran bahasa indonesia yang memiliki tujuan pembelajaran pada siswa dapat mengartikan dan dapat memahami materi. Sehingga media dikembangkan agar dapat dapat membantu siswa dalam pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran video animasi ini efisien untuk digunakan serta mudah digunakan siswa maupun guru.


Keywords


Media Pembelajaran, Video Animasi, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Amita Tri Prasasti, P., & Dewi, C. (2020). Pengembangan Assesment of Inovation

Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah

Sekolah Dasar, 4(1), 66. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24280

Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., &

Yusmar, F. (2023). Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. FKIP

E-PROCEEDING, 1–5.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi

Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18.

https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Daniati, N. T. (2020). Video Referensi Sebagai Solusi Pembelajaran Animasi 3D Di

Tengah Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1).

https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.128

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap

Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1),

–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar.

Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk

Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for

Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80.

https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media

Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108–

http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34

Nurdiana, A. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video

Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Efektivitas Pada

Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Kedaleman Iv. Primary: Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 10(6), 1554. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.839

Palimbong, yunita wulandari, Laia, A., & Ndruru, K. (2022). PENERAPAN MEDIA VIDEO

ANIMASI DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN

SISWA KELAS XII SMAN 11 MAKASSAR. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.430

Primaningtyas, M. (2018). Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.

Jurnal Ihtimam, 1(1). https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.156

Rahmayanti, L. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil

belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip

universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi

Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas

Lampung, 9(3), 292–306. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata

Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika

Dan Informatika), 7(2), 79.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi,

(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Zunaida, D. A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Interaktif Pada Pembelajaran

Daring. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, April, 833–842.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.