Adakah Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Earthedu Terhadap Hasil Belajar IPAS?

Mita Pratiwi, Bambang Eko Hari Cahyono, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dengan media Earth Edu terhadap hasil belajar IPAS pada siswa V di SDN 01 Nambangan Lor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasi Experiment. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa hasil Post-test siswa kelas kontrol diperoleh mean 73,33 sedangkan hasil Posttest siswa pada kelas eksperimen diperoleh mean 82,27. Dari analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample Test dapat diketahui bahwa Sig. (2-tailed) sebesar yaitu 0,007 < 0,05 Maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penenerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media Earthedu terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun.


Keywords


Model Project Based Learning, Media Earth Edu, Hasil Belajar IPAS

Full Text:

PDF

References


Bhawanayani, L. P., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2018). Pengaruh Model Project

Based Learning Bermediakan Couple Card terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia , 8(2), 65–73.

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar

Tematik terpadu melalui Model Project Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 205–218.

http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/281

Kamayani, I. A. D., Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran

Project Based Lerning berbantuan Media Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar IPA di SD

Gugus IX Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Kusumaningrum, A. Z., Rofian, & Wijayanti, A. (2020). Keefektifan Model Project Based

Learning berbantu Media Montase terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 3 SD

Negeri Candi 01 Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 364–371.

https://doi.org/10.24114/jh.v11i2.21944

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar

Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah

Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246. Google Scholar

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based

Learning terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Ilmu-Ilmu AL-Qur’an. Hadist. Syari’ah Dan Tarbiyah, 03(01), 171–187.

Puspitasari, L., Nasrah, & Amal, A. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning

(PjBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran,

(1), 232 – 242.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open

Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4),

–2652.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.