Implementasi Penggunaan Google Sites pada Materi IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Melinda Agustin, Candra Dewi, Hartini Hartini

Abstract


Google Sites merupakan salah satu media pembelajaran berbasis website yang dapat dimanfaatkan oleh guru pada saat kegiatan pembelajaran. Google sites ini menjadi salah satu Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan google sites pada materi peraturan tertulis dan tidak tertulis mata Pelajaran IPAS kelas IV, dan mendeskripsikan kekurangan serta kelebihan dari google sites. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 3 Wonodadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan google sites sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar, memberikan pengalaman belajar yang lebih inovatif, dan juga dapat menjadikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.


Keywords


Implementasi, Media Pembelajaran, Google Sites, IPAS

Full Text:

PDF

References


Lutfiah, D. (2023). Penggunaan Aplikasi Google Sites sebagai Media Pembelajaran

Inovatif untuk Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran IPAS Kelas 4 SDN Ngaglik 01

Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 93–118.

https://jurnal.widyahumaniora.org/

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar

Terhadap Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK:Jurnal

Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54–65.

https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/53304

Ningsih, S., Murtadlo, & Farisi, M. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 108–122. https://ejournal-fipung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index

Pitri, D., Musdansi, D. P., Murwindra, R., & Uniks, J. O. M. F. T. K. (2024). Pengembangan

Media Pembelajaran Interaktif Google Sites Pada Sub Materi Tata Nama Senyawa

Hidrokarbon Di SMA / MA Islam Kuantan Singingi. Jom Ftk Uniks, 4(2), 426–432.

Pratama, F. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis

Website. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 182.

https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9723

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran

Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif.

AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., & Abdurachman, J.

(2016). Media Pembelajaran. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4310/1/Ebook

Media Pembelajaran.pdf

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian

Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa

Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100.

https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan media flashcard

tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat

tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1.

https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika

Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika KreatifInovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

SRI, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Videoscribe Terhadap Minat Belajar

Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas Iii Mi Al-Hikmah …. 4, 43–49.

http://repository.radenintan.ac.id/22843/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/228 43/1/SKRIPSI 1-2.pdf

Suharsono, A. (2021). Pemanfaatan Learning Management System Menggunakan

Google Site pada Pelatihan Jarak Jauh Fungsional Penyuluh Pajak. Jurnal Kiprah, 9(2),

–81. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i2.3210

Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan

Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten

Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.71

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR

NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat

0,” November, 46–47.

Taufik, M., Sutrio, S., Ayub, S., Sahidu, H., & Hikmawati, H. (2018). Pelatihan Media

Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru Ipa Smp Kota Mataram. Jurnal Pendidikan

Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.490

Sugiyono. (2015). Penelitian Kualitatif.pdf. In Penelitian Kualitatif.

yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

UTAMI, R. P. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Dalam

Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 394–401.

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.400

Wahyu, R. (2016). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari

Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 49–62


Refbacks

  • There are currently no refbacks.