Penerapan Media Flashcard Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Pada Siswa Kelas 4 SDN Patihan

Meilinda Nuraziza, Dewi Tryanasari, Vivi Rulviana

Abstract


Penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif dapat menjadi penyebab rendahnya keterampilan menulis paragraf siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa dengan menerapkan media flashcard. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Patihan, yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media flashcard terhadap keterampilan menulis paragraf siswa kelas 4 SDN Patihan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Rata-rata nilai tes keterampilan menulis paragraf siswa pada pada siklus I adalah 74 dengan persentase ketuntasan 64,70% dan ratarata nilai tes pada siklus II adalah 86 dengan persentase ketuntasan 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas 4 SDN Patihan.


Keywords


Media Flashcard, Keterampilan Menulis Paragraf

Full Text:

PDF

References


Akbar, M.R. (2022). FLASHCARD Sebagai Media Pembelajaran dan Penelitian.

Akhyar, Fitria. (2017). Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Alfiananda, D., & Rohmah, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis dengan

Menggunakan Media Flash Card Improving Writing Skills by Using Flash Card Media.

Action Research Journal Indonesia (ARJI), 4(2), 98–114.

Angraeni, N., Dyah, L., & Lis, N. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deksripsi

Melalui Penerapan Media Wayang Sukuraga di Kelas Rendah. Attadib: Journal of

Elementary Education, 5(2), 150. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.564

Aqib, Zainal., dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SD/MI.

Asfari, A., Yeni, N., & Yenni. (2022). Analisis Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gondrong 2 Kota Tangerang. As-Sabiqun

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(4), 1058–1075.

https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i4.2143

Bere, F.B., OktianA, H., & Atin, A. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui

Media Flash Card Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Peserta Didik. Jurnal Agama Sosisal

Dan Budaya, 5(3), 2599–2473.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. PT RajaGrafindo Persada:Depok.

Fitriani, Elly, et al. (2022). Monograf Media Flash Card Baca Kata Digital Untuk Anak Usia

Dini.

Hasriani. (2021). Belajar Menulis Teks Narasi dengan Teknik Clustering.

Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi

Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Issue Agustus).

Magdalena, Ina. (2022). Teori dan Praktik Evaluasi Pembelajaran SD.

Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan

Mengembangkan Struktur Paragraf. 3(2), 1–22.

Mijatun, Sri. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Keterampilan Menulis Paragraf Bahasa

Indonesia dengan Menggunakan Media Gambar Seni. 8(2), 85–94.

Nurgiantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (pertama).

BPFE-Yogyakarta

Sakrim. (2018). Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. www.press.stkippgri-bkl.ac.id,

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapaanya.

Suladi. (2019). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia PARAGRAF.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.