Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar

Mastuti Muthoharoh, Rissa Prima Kurniawati, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengimpelementasi model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media prezi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa SD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 16/X Nipah Panjang tahun pelajaran 2023/2024. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes kepada hasil belajar siswa, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,63 dan ketuntasan klasikal kelas sebesar 52,63% sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,94 dan ketuntasan klasikal kelas sebesar 94,73%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 42,1% hal ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe scramble berbantuan media prezi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar, Scramble, Prezi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Kertiari, Luh Putu, Gede Wira Bayu, dan Made Sumantri. (2020). Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap

Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol 3 No 3.

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.26982.

Muharni, Alpusari, M., & Putra, Z. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sains

Berbasis Prezi untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi Penggolongan Hewan. Journal

of Natural Science and Integration. https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/9968.

Restika, R. R., Ibrahim, M., & Kuswanti, N. (2016). Validitas Media Prezi the Zooming

Presentation pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia. Berkala Ilmiah

Pendidikan Biologi, 5(3), 213–219.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.