Eksplorasi Kemampuan Motorik Siswa Autis Melalui Kegiatan Ecobrick Dan Terapi Bermain Di Sekolah Dasar

Muhammad Shodiq Ash Sidqi, Aulia Icha Saputri, Ardelia Salsabila Rahman, Weandy Putri Setya Wardana, Nurlaila Nurlaila

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik siswa autis melalui kegiatan Ecobrick dan terapi bermain di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini, digunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah empat siswa autis berusia 8-10 tahun. Asesmen motorik halus mencakup aktivitas seperti menebali pola, menggenggam, melipat benda, memasukkan benda, menggunting, dan menggambar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan motorik halus dan kemampuan sosial siswa autis setelah mengikuti kegiatan Ecobrick dan terapi bermain selama 10 hari. Kesimpulannya, kegiatan Ecobrick dan terapi bermain terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik dan sosial siswa autis di Sekolah Dasar, sehingga dapat menjadi solusi praktis untuk mendukung perkembangan anak autis.

 

 


Keywords


Autis; Sekolah dasar; Ecobrick

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Candra, C., Sutarna, N., Mustika, M., Cahya Utami, M., Dwi Cahyani, N., & Muhammadiyah Kuningan, S. (2023). Pemanfaatan Sampah Plastik Melalui Ecobrick Di Desa Cikondang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2731–2739.

Erviana, Y., Munifah, S., & Mustikasari, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Dengan Ape Dadu Cerdas. Jurnal Mentari, 1(2), 94–102.

Fariah, A. (2023). MENGEKSPLORASI MASA DEPAN AUDIT: MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DAN ANALISIS DATA UNTUK PENINGKATAN INTEGRITAS KEUANGAN. CAKRAWALA, 6(1), 104–116.

Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318–328.

Kruger, G. R., Silveira, J. R., & Marques, A. C. (2015). Rev Bras Cineantropom Hum artigo original. 103–113. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.5007/1980-0037.2019v21e53036%20%0D

Krysanti, R. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Menggunting Kertas Terhadap Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Dengan Autisme. Karya Tulis Ilmiah.

Kurniawati, H. (2023). PERAN PENTING ORANG TUA TERHADAP ANAK DI ERA DIGITAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN MASLAHAH MURSALAH (Vol. 6, Issue 2).

Lita, & Ulfitri, A. (2020). Implementasi Berjalan Diatas Papan Titian Untuk. 1025–1031.

Richard Williams, N., Hurt-Thaut, C., Brian, J., Tremblay, L., Pranjić, M., Teich, J., Tan, M., Kowaleski, J., & Thaut, M. (2024). Improved motor skills in autistic children after three weeks of neurologic music therapy via telehealth: a pilot study. Frontiers in Psychology, 15(May), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1355942

Ruhansih, D. S. (2017). EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multi Disiplin, 3(1), 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.