Pengembangan Media Ular Tangga Digital Berbasis Qr-Code Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model PBL Kelas V Sekolah Dasar

Anisa Zuraida Eka Yanti, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Pembelajaran IPAS mempunya peranan penting pada kehidupan sehari-hari. Fakta di  lapangan menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPAS SD seringkali masih mengalami kesulitan dan kurangnya pemahaman konsep. Solusi yang diberikan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran guna mendukung proses belajar dan mempercepat proses pemahaman materi bagi siswa. Media yang dipilih yaitu ular tangga digital karena memiliki tampilan yang menarik. Penelitian bertujuan untuk mengukur efektivitas media pembelajaran ular tangga digital berbasis Qr-Code pada mata pelajaran IPAS khususnya pada materi Bab 2 Topik A makan dan dimakan dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Proses pengembangan ditunjang dengan platform digital Genially. Metode yang dipilih R&D dengan model pengembangan ADDIE. Kegiatan penelitian melibatkan siswa kelas V A SDN Oro-Oro Ombo berjumlah 18 siswa. Data dikumpulkan melalui angket validasi dan angket respon. Penilaian angket validasi media diperoleh 88%, ahli materi 88%, dan ahli bahasa 97% yang temasuk dalam kategori sangat layak. Selain itu, hasil angket respon guru memperoleh skor 92% sedangkan angket siswa 93%. Data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga digital berbasis Qr-Code pada muatan IPS dengan model PBL Kelas V SD sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

 


Keywords


Media digital; Ular Tangga Digital; Qr-Code; IPAS, PBL

Full Text:

PDF

References


Amita Tri Prasasti, P., & Dewi, C. (2020). Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 66. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24280

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Choirunisa, M. (2023). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Penerapan media komik digital pada pembelajaran IPA sekolah dasar. 4, 1414–1418. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir kritis dan hasil belajar IPA melalui pembelajaran problem based learning berbantuan media visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Fitriyan, Z., Prasasti, P. A. T., & Agustianti, T. L. (2023). Pengembangan Media Space Book Berbasis Qr Code Materi Tata Surya Dengan Penguatan Karakter Gemar Membaca Pada Kelas Vi Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4876–4886. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7732

Hastiwi, F., Ratnaningsih, A., & Suyoto, S. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Teori Belajar Behavioristik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1 Pucangagung. Syntax Idea, 3(8), 1834–1846. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i8.1418

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Lestari, I. C. (2021). 79 | P a g e. Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar, 2(1), 79–87.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

MASKUR, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766

Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education, 5(3), 6933–6941. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Vawanda, E. J., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 124. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10332

Wibowo, A., & Suryana, D. (2023). Pengembangan Media E-Flip Pocket Book Audiovisual (Lipobo) Materi Sejarah Penjajahan Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2243


Refbacks

  • There are currently no refbacks.