Pemanfaatan Media Chromebook Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Andini Putri Puspitasari, Nur Samsiyah, Lingga Nico Pradana

Abstract


Proses pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media chromebook dalam pembelajaran tematik siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah wali kelas VI dan peserta didik sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan wawancara. Alat pengumpul data penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan Chromebook yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi pembelajaran interaktif dapat membuat materi pelajaran lebih menarik bagi siswa. Pemanfaatan Chromebook juga membantu siswa mengembangkan keterampilan teknologi dasar yang penting di era digital. Disimpulkan bahwa pemanfaatan media Chromebook dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas Pendidikan.


Keywords


Media Chromebook; Pembelajaran tematik; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.

Alifa, Z. I., Sufyadi, S., Utama, A. H., Pendidikan, T., & Mangkurat, U. L. (2024). Pemanfaatan Chromebook sebagai Penunjang Pembelajaran bagi Siswa di SMPN 1 Banjarmasin. EduTech: Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 92–103.

Arifin, Z., Surindra, B., Irmayanti, E., Afandi, T. Y., Lukiani, E. R. M., & Prastyaningtyas, E. W. (2022). Pendampingan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 486–496. https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.17629

Asanti, E., Istiyati, S., & Adi, F. P. (2024). Analisis kemampuan guru dalam penggunaan perangkat chromebook pada pembelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 49–54. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.84427

Astuti, A. P., Suyoto, S., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Chromebook Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 938–942. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4825

Azis, T. . (2019). Strategi pembelajaran era digital. Islami Ilmu Pengetahuan Di Era Revolusi Industri 4.0. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), Vol 1 (No(2), 308–318. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512

Badaruddin, B., & Yani T, A. (2023). Analisis Penggunaan Geogebra Berbantuan Chromebook untuk Memudahkan Siswa Memahami Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 351–361. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1722

Ferdiansyah, Ambiyar, Zagoto, M. M., & Irdhan Epria, D. P. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 65–66. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098

Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 226. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9459

Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., & Syahrudin, H. (2023). Pemanfaatan Chromeboook dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 9(1), 1–15. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/

Maraliza, H., Fitri, D., Sukarno, F. A., Anggraini, M. S., & Gustama, S. N. (2024). Sosialisasi Pengenalan Chromebook Untuk Digitalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Pada SDN 03 Kasui Pasar. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 456–460.

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455

Putra, iIlham E. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal TEKNOIF, 1(2), 20–25.

Qosim, Purwanti, I., Indira, I., Sulistyowati, R., Isfadia, H., & Santoso, S. (2023). Pengenalan Dasar Chromebook sebagai Digitalisasi Pembelajaran. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.58906/abadi.v2i1.87

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timu. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 513–521.

Yusuf, M. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis Chromebook di SDN 05 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Journal of Information System and Education Development, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.62386/jised.v2i1.55

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963


Refbacks

  • There are currently no refbacks.