Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 4 SDN Patihan

Alifia Navrielda Putri, Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari HS

Abstract


Penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif menjadi penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model Project Based Learning.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Patihan yang terdiri dari 16 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 3 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning pada setiap siklusnya mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS siswa kelas 4 SDN Patihan. Rata-rata nilai proses kemampuan berpikir kritis pada prasiklus adalah 68 dengan persentase ketuntasan 37,5%, kemudian rata-rata nilai pada siklus I adalah 76 dengan persentase 62,5% dan rata-rata nilai pada siklus II adalah 82 dengan persentase 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SDN Patihan.

Keywords


Project Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Junia, N. M. I., & Sujana. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPA Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. Articles, 11 (pendidikan).

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468

Latang, & Amir Pada. (2023). Kurangnya Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPS di SD Negeri 10 Sapuli Kota Makassar. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 575–581. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.1096

Luzyawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 9. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.732

Negara, H. C., Mus, S., & Hadariani. (2023). Global Journal Teaching Professional. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Di SD Negeri Sudirman 1, 1(November), 24–29.

Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Partini. (2021). Problem Based Learning in Civic Learning in First Grade Elementary. 4(6), 1125–1132.

Purnama, S., Hidayat, S., & Anggit, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas IV Sekolah Dasar. 08(September), 4959–4973.

Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 793–801.

Rachmat, S., Lutfi, & Rabia, S. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik Melalui Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl). 2, 867–881.

Unaenah, E. & Nurlianti, R. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 5(2), 116–123.

Yulianto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII A MTS Sunan Kalijogo Kota Malang. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 252–253.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.