Penggunaan Lembar Kerja (E-Lkpd) Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul

Afifah Nur Candradewi, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangkan elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) pada pembelajaran matematika berbasis model Discovery learning di kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul dan mengetahui kelayakan (e-LKPD) dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul, sejumlah 16 siswa dari kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul dipilih sebagai sampel oleh peneliti. Jenis pendekatan penelitian adalah jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan pendekatan metode research and development (R&D). Proses riset dan pengembangan ini mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian seperti angket, wawancara, dan observasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa e-LKPD berbasis model Discovery Learning materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar memiliki tingkat kelayakkan penggunaan E-LKPD berbasis model Discovery Learning sebesar 88%.

Keywords


E-LKPD; Discovery Learning; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. (2019). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Matematika I, December 2019, 17.

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11183

Amsar, P., & Ahda, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 57–65.

Aprilia, A., & Nur, F. D. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elmentary Education, 1(2), 28–40.

Herini, M., Wahyudi, W., Hidayati, N., Sumarno, S., & Trinuryono, S. (2023). Representasi Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Analitik Siswa dengan Pengimplementasian Model Discovery Learning. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 110–119. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6551

Khasanah, Q., Amita, P., Prasasti, T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 9–15. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.690

Nurmilah, A. S., Karlimah, K., & Rahmat, C. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Pendekatan Matematika Realistik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5911–5916. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2661

Putranto, S. P. S., & Dhoruri, A. D. A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) bagi Siswa SMP Kelas VIII Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(2), 1–10.

Rani, W. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Inkuiri Dengan Pendekatan Kontekstual Yang Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Salam, & Kasmawati. (2023). Implementasi Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Merdeka : Studi tentang Asesmen Diagnostik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 849–856.

Shelviana, Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Pengembangan bahan ajar E-LKPD menggunakan liveworksheet materi sistem pencernaan manusia kelas V SDN 01 Manguharjo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 655–662. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID


Refbacks

  • There are currently no refbacks.