Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berbantu Media Linktree Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Purworejo 02

Adelya Dwi Octavia, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Joko Laksana

Abstract


Kegiatan belajar mengajar di SD pada mata pelajaran IPAS berlangsung kurang memodifikasi kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan pembelajaran ceramah dan terkesan monoton yang hanya berpusat pada guru saja. Penerapan model pembelajaran serta penggunaan media juga dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik serta membuat siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT berbantu media Linktree menjadi perantara penyampaian informasi dan membantu guru dapat menyampaikan materi dengan model dan media yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Kooperatif TGT berbantu media Linktree terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Purworejo 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimental dengan desain One-Group Pre-test Post-test. Hasil dari penelitian ini hasil belajar siswa sangat dipengaruhi menggunakan model pembelajaran Kooperatif TGT berbantu media Linktree dengan tingkat signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 < a= 0.05. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, Teams Games Tournament (TGT) yang didukung oleh media Linktree adalah alat yang hebat bagi para guru yang ingin menginovasi pembelajaran dan membuat hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Keywords


Kooperatif TGT; Linktree; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Andika, I. P. W., & Yudiana, K. (2022). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif pada Materi Macam-Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 52–60. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47635

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Dicky Wahyudi, et al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran. Economica, 6(1), 72–86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941

Guntarsih. (2018). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tgt. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 26–32. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/709/714

Kurniawan, B. (2019). Pengaruh Model TGT Berbantu Media Pinball Terhadap Hasil Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(1), 23. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17280

Mardhatilla, Z. M. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Linktree dan Evaluasi Quizizz pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1, 441–448.

Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 217–225. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/17317

Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40–51. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21734

Zain, N. K., & Masamah, U. (2024). Experimentation of Mathematics Learning Assisted by the Digital Linktree Platform on Islamic Integrated Geometry Material to Improve Student Learning Outcomes. Proceeding International Conference on …, 427–432. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/1156


Refbacks

  • There are currently no refbacks.