Pengembangan Media Interaktif Kodular Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Yang Terintegrasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD

Koko Gunarto

Abstract


Pendidikan karakter adalah salah satu pilar penting dalam sistem pendidikan Indonesia. Integrasi pendidikan karakter ke dalam kurikulum formal, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar, menjadi tantangan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis Kodular yang dapat memperkuat pendidikan karakter pada siswa kelas V SD. Metodologi yang digunakan meliputi penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Kodular efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran serta memperkuat karakter positif seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama.


Keywords


Media Interaktif, Kodular, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


A. Dousay, T. and Maribe Branch, R. (2023) ‘Survey of Instructional Design Models’, Survey of Instructional Design Models. doi: 10.1163/9789004533691.

Adha, R. (2023) ‘Laporan Observasi Wawancara Kreativitas Anak Usia Dini’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2.

Ahmadi, F., Witanto, Y. and Ratnaningrum, I. (2017) ‘Pengembangan media edukasi “multimedia indonesian culture” (MIC) sebagai penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), pp. 127–136.

Sriwiyana, H., & Akbar, S. D. (2010). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Amin, N. F. et al. (2023) ‘’, 14(1), pp. 15–31.

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A. and Mufidah, R. A. (2020) ‘Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar’, Fondatia, 4(1), pp. 150–157. doi: 10.36088/fondatia.v4i1.467.

Anggraini, M. S. A. and Eddy Sartono, E. K. (2019) ‘Kelayakan Pengembangan Multimedia Interaktif Ramah Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas Iv Sd’, Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), pp. 57–77. doi: 10.31800/jtp.kw.v7n1.p57--77.

Ariyanti, A. (2020) ‘EFL Students’ Challenges towards Home Learning Policy During Covid-19 Outbreak’, IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 5(1), p. 167. doi: 10.21093/ijeltal.v5i1.649.

Artika, W. et al. (2021) ‘Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tersedia secara online PUISI AUDIO VISUAL YOUTUBE: SASTRA DIGITAL DAN INDUSTRI KREATIF’, JPBSI Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4743, pp. 103–115. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS.

Ayu Suciartini, N. N. (2017) ‘Urgensi Pendidikan Toleransi Dalam Wajah Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan’, Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), p. 12. doi: 10.25078/jpm.v3i1.88.

Diofanu, A., Wijoyo, S. H. and Wicaksono, S. A. (2020) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Electronic Publication (EPUB) Menggunakan Model Pengembangan ADDIE Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 4 Malang’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(7), pp. 2204–2211.

Djuredje, R. A. H., Hermanto and Himawan, R. (2022) ‘Pengembangan Media Berbasis Aplikasi Kodular dalam Pembelajaran Teks Persuasi di SMP Kelas VIII’, Geram, 10(2), pp. 32–41. doi: 10.25299/geram.2022.vol10(2).10602.

Erba Lutfina and Anindya Khrisna Wardhani (2020) ‘Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Berbasis Blok Bagi Anak’, Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 107–111.

Giannakos, M. N., Chorianopoulos, K. and Chrisochoides, N. (2015) ‘Collecting and making sense of video learning analytics’, Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 2015-Febru(February). doi: 10.1109/FIE.2014.7044485.

Ii, B. A. B. and Sastra, A. H. (2019) ‘BAB II Pengertian karakter kerja keras’.

Kholifah, U. and Imansari, N. (2022) ‘Pelatihan Membangun Aplikasi Mobile Menggunakan Kodular Untuk Siswa Smpn 1 Selorejo’, Abdimas Galuh, 4(1), p. 549. doi: 10.25157/ag.v4i1.7259.

Maritsa, A. et al. (2021) ‘Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan’, Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), pp. 91–100. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Muhamad Taufik Hidayat and Yoyo Zakaria (2023) ‘Pembuatan Aplikasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Kodular Sebagai Alat Bantu Pembelajaran’, ICT Learning, 7(1). doi: 10.33222/ictlearning.v7i1.2916.

Nuri Novianti Afidah et al. (2022) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar’, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), pp. 1526–1536. doi: 10.31949/jcp.v8i4.2717.

Permana, M. S., Damiri, D. J. and Bunyamin, H. (2015) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia’, Jurnal Algoritma, 11(2), pp. 254–263. doi: 10.33364/algoritma/v.11-2.254.

Pramiyati, T., Jayanta, J. and Yulnelly, Y. (2017) ‘Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil)’, Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), p. 679. doi: 10.24176/simet.v8i2.1574.

Purnamasari, N. L. (2019) ‘Metode Addie pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash pada Mata Pelajaran TIK’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), pp. 23–30. Available at: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530.

Purwanza, S. W. et al. (2022) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Media Sains Indonesia.

Rasmani, U. E. E. et al. (2023) ‘Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), pp. 10–16. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3480.

Safitri, M. and Aziz, M. R. (2022) ‘Bahan Ajar Digital Matematika Berbantuan Kodular’, Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet), 2, pp. 93–103. doi: 10.37010/duconomics.v2.5913.

Setiawan, R. (2020) ‘Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Tanpa Coding Semudah Menyusun Puzzle’, Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 2(2), pp. 1–7. doi: 10.31326/sistek.v2i2.729.

Sugiarto (2016) ‘済無No Title No Title No Title’, 4(1), pp. 1–23.

Suranata, I. W. S. K. (2018) ‘Silence Technique for the Children Character Building at the’, 07(07), pp. 23–30.

Suryani, N. (2016) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It’, Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(2), pp. 186–196. doi: 10.17977/um020v10i22016p186.

Syarifah, I. D., Sunismi and Alifiani (2019) ‘Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Game Edukasi Bermuatan Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter Materi SPLDV untuk Siswa Kelas VIII’, Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 14(9), pp. 41–49. Available at: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3944.

Tamaeka, V. (2022) ‘Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar [Instilling Tolerance Values Through Character Education in Elementary Schools]’, Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 14(1), pp. 14–22.

Tehupeiory, A. (2022) Instrumen Metode Penelitian Hukum Dalam Teknik Pengumpulan Data (Wawancara).

Youssef-Shalala, A. et al. (2014) ‘Using a general problem-solving strategy to promote transfer’, Journal of Experimental Psychology: Applied, 20(3), pp. 215–231. doi: 10.1037/xap0000021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.