Variasi Individual dalam Gaya Belajar Siswa Kelas III SDN Wonorejo 02 pada Mata Pelajaran Matematika

Safryna Novita Arianthy, Dwiky Chandra Eka Purwanto, Riana Nanda Priyani, Novia Ardana Fitriani, Fauziyah Rosyidah Nur Salma, Risma Dwi Sabtaningtyas, Endang Sri Maruti

Abstract


Variasi individu merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran. Varisi tersebut antara lain gaya belajar, berfikir dan kepribadian. Gaya bukan kemampuan tetapi cara yang disukai seseorang untuk memanfaatkan kemampuannya. Masing-masing individu pasti memiliki sejumlah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui gaya belajar yang siswa  butuhkan pada materi mengenal jenis sudut pada siswa kelas III. Untuk subjek penelitian ini adalah guru  dan siswa kelas III SDN wonorejo 2 pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 siswa. Hasil observasi pada guru dan siswa kelas III diketahui gaya belajar yang digunakan yaitu guru menjelaskan dan memberi contoh mengenai jenis sudut. Dan siswa  menggambar beberapa sudut yang telah di jelaskan oleh guru. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa gaya belajar siswa yaitu mendengarkan lalu mempraktikan langsung apa yang disampaikan oleh guru agar meningkatkan pemahaman mengenai materi.

Keywords


Gaya Belajar, Jenis Sudut, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Muharrir Syahruddin, Muharrir, Herdah, and Rustan Effendy. 2022. ‘Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang’. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 20(2):179–86. doi: 10.35905/alishlah.v20i2.3318.

Nasution, Fauziah, Rahayu Wulandari, Laila Anum, and Achmad Ridwan, ‘Variasi Individual Dalam Pendidikan. Pendidikan, Jurnal, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Nurul Azizah Angkat, Sella Novianti, and Winanda Ramadani, ‘Tahun 2022 | Hal’, 2.1, 41–46 https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema

Putri Jelita, Dea, and Siti Mahpudzoh Siregar, ‘VARIASI INDIVIDUAL DALAM PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH’ https://doi.org/10.31764

Turhusna, Dalila, and Saomi Solatun, PERBEDAAN INDIVIDU DALAM PROSES PEMBELAJARAN, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2020, ii https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.