Media Digital Scrapbook untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas 5 SD

Yanti Yanti, Sri Lestari, Sri Budyartati

Abstract


Perkembangan teknologi di Indonesia termasuk dalam perkembangan yang sangat pesat seiring berjalannya zaman. Pembelajaran digital scrapbook. Kohud (Wusqo & dkk, 2021) Digital scrapbook adalah platform yang terhubung ke jaringan komputer, yang dapat dibuat secara digital, diperbarui, disimpan, dan dibagikan. Scrapbook adalah karya seni dua dimensi berbentuk buku dan memiliki bermacam-macam tema yang tersusun atas foto, gambar, quote, catatan penting, dan lain sebagainya. Berdasarkan tabel validasi ahli materi, media digital scrapbook mendapatkan jumlah skor 44 dari 13 butir pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa media dig ital scrapbookdapat dikatakan “layak” dengan presentase kelayakan 84%.  Berdasarkan tabel validasi ahli media, media digital scrapbookmendapatkan jumlah skor 48 dari 14 butir pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa media digital scrapbookmasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 85%.

Keywords


Media digital; Scrapbook; Keterampilan; Membaca pemahaman

Full Text:

PDF

References


Asih, P. K., Hawanti, S., & Wijayanti, o. (2020). pengembangan media pembelajaran scrapbook untuk keterampilan membaca. Indonesian Journal Of Primary Education, 4(1), 87–100.

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804

Latifa, H. L., & Haryadi, H. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 301–307. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4283

Muktadir, A., & Wardhani, P. A. (2022). the Effect Scrapbook Media in Improving the Creativity of Primary School Students in Bengkulu. Journal of Aesthetics, Design, and Art Management, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.58982/jadam.v2i1.183

Putri, W. D. M. (2022). Penerapan Media Gambar Kliping Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta didik Kelas IV SD Ma’arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022 [IAIN PONOROGO]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/19525/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/19525/1/203180247_Widiya Dewi Melinia Putri_PGMI.pdf

Septia, D. (2022). Pengembangan Digital Scrapbook Berbasis Kearifan Lokal Pada Development of Local Wisdom-Based Digital Scrapbook on Social Science Learning Subject for Elementary School Students. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(August), 1215–1229.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Syafitri, C. R., & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600

Tejowati, A. (2021). Scrapbook in Improving Students ’ Comprehension Reading Ability. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(5), 354–357. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Yasmin, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Peserta didik. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 1(1), 52–57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.