Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Flashcard terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Mejayan 01

Widya Dwi Astuti, Sri Lestari, Sri Budyartati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk  untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL Berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn kelas IV SDN Mejayan 01. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantu flashcard berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dari segi kognitif, nilai rata-rata postest pada  kelas kontrol 66,00 meningkat setelah diberi perlakuan  menjadi 11,33 sedangkan nilai rata- rata    postest kelas eksperimen 77,33 .setelah itu melakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas dengan hasil nilai signifikansi kelas kontrol sebesar  0,556 > 0,05 ,kelas eksperimen sebesar 0,102 > 0,05 , sedangan nilai uji homogen kedua kelas  diperoleh nilai sig 0,633.dari nilai  signifikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan memiliki varian yang sama. Setelah melakukan uji prasyarat kemudian melakukan uji hipotesis mengguanakan uji independent sampel t-test dengan hasil kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t hitung= 4,243 dan t tabel =2002, karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, oleh karena itu dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan flashcard terhadap hasil belajar PPKn siswa  kelas IV sekolah dasar Mejayan 01.jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimplkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantuan flashcard terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn


Keywords


Model Problem Based Learning; Flashcard; Hasil Belajar

References


Ariyani, B., Kristin, F., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD Learning untuk. 5, 353–361.

Asrifah, S., & Arif, A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK PINANG 05. 16(30), 183–193

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 05.

Hasibuan, A. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 018453 Siumbut- Umbut. 8, 4292–4299.

Hasibuan, A. A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 018453 Siumbut- Umbut. 8, 4292–4299.

Sari, R. P., & Zikri, A. (2020). Jurnal basicedu. 4(1), 221–227.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : CV.

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi

Wijaya, S., Aris, I. E., & Fadliansyah, F. (2023). High Order Thinking Skills of Students Through Read Answer Discuss Explain and Create on Science Materials.Ibtida’iJurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 23–42. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i1.8292


Refbacks

  • There are currently no refbacks.