Penerapan Media Pop Up Book Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Widhi Trianita Kusumawati, Candra Dewi, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh semua orang, khususnya pada siswa sekolah dasar. Hal tersebut bertujuan agar mereka mampu menghadapi tantangan di abad-21. Namun, dalam mengembangkan kemampuan ini seringkali terkendala oleh guru yang kurang menggunakan model pembelajaran. Masih banyak guru yang menggunakan media yang kurang menarik dan interaktif bahkan ada yang tidak menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media pop up book digital dalam kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Studi literatur dilakukan dengan menganalisis dari berbagai jurnal, buku, dan artikel yang relevan dengan topik penelitian. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pop up book digital di sekolah dasar dapat mendorong kemampuan berpikir kritis siswa selain itu dengan adanya media ini juga akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Media pop up book digital terbukti efektif dalam memvisualisasikan konsep-konsep materi secara menarik dengan begitu siswa akan lebih fokus pada materi yang diajarkan dan pembelajaran di kelas akan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Namun, keberhasilan penerapan media pop up book digital juga bergantung pada faktor-faktor lain seperti kesiapan guru dan dukungan sekolah.

Keywords


Media Pop Up Book Digital, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


’Alim, M.G.Z., Dewi, C. and Sholikhah, O.H. (2023) ‘Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN 2 kota Madiun’, Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, pp. 1509–1513.

Inggriyani, F. and Fazriyah, N. (2018) ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, (3), p. 12.

Lestari, D.A. and Farhurohman, O. (2020) ‘PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS IV MIN 1 SERANG’, Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(2), pp. 155–166.

Lestari, F.D. and Sari, P.M. (2021) ‘Media Pop-Up Book Berbasis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Daur Hidup Hewan’, Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), pp. 206–215.

Nurhalimah, S. and Syofyan, H. (2024) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Sungai Bambu 01’, Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(2), pp. 316–331.

Putri, D.A., Rohmanurmeta, F.M. and Hadi, F.R. (2023) ‘Manfaat Media Komik Digital Sebagai Upaya Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar’, Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, pp. 896–901.

Rachmawati, O., Rohmanurmeta, F.M. and Hadi, F.R. (2023) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN 02 Manisrejo’, Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, pp. 902–907.

Safitri, M., & Radia, E. H. (2020). Pengaruh media Pop Up Book Digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 191-201.

Suroiha, L., Dewi, G.K. and Wibowo, S. (2021) ‘Pengembangan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), pp. 516–523. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1856.

Wulandari, E.D. (2022) ‘Penggunaan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SDN Beji 02 Kota Batu’, Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), pp. 474–497.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.