Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul Kota Madiun

Wandansari Mustika Weni, Ibadullah Malawi, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul. Rendahnya kreativitas dan hasil belajar disebabkan oleh guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  hasil belajar siswa dengan menerapkan model Project Based Learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul terdiri dari 17 siswa. Penelitian ini masih menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpullan data yang digunakan meliputi dokumentasi dan tes berupa soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada setiap siklusnya di kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul . Kemudian rata-rata  hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 71 dengan presentase 65% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar dengan rata-rata 91 dengan presentase 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Bassed Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul.


Keywords


Hasil Belajar, IPAS, Project Based Learning (PjBL),

Full Text:

PDF

References


Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies, 14–23. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14907

Rahmawati, E. (2021). Konsep Pembelajaran Menyenangkan bagi Siswa Kelas Bawah Tingkat Sekolah Dasar. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 171–178. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.568

Astiti et al., (2021) Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Astiti, N. D., Putu, L., Mahadewi, P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA, 26(2), 193–203.

Damayanti, M. F., Mariati, P., Achomadin, A., Nahdlatul, U., Surabaya, U., Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV di UPT SDN 162 Gresik, 01, 530–534.

Mutiaramses , Neviyarni S, I. M. P. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 06, 43–48.

Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03(nomor 1), 171–187.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.