Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV dengan Menggunakan Media Puzzle pada Pembelajaran IPAS “Kekayaan Budaya dan Kearifan Lokal Indonesia”

Wanda Priasti, Ellys Mersina Mursidik, Djoko Pramono

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menyelesaikan masalah belajar peserta didik khususnya terkait materi “Kekayaan Budaya dan Kearifan Lokal Indonesia” dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 05 Madiun Lor melalui media puzzle kearifan lokal. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengetahuan mengenai budaya Indonesia, penggunaan metode ceramah oleh guru dalam penyampaian materi “Kekayaan Budaya dan Kearifan Lokal Indonesia”, dan berdasarkan hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah pada kegiatan pra siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 05 Madiun Lor yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kearifan lokal. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik.  Rata-rata nilai peserta didik saat pra siklus yaitu sebesar 68 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 55,5%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata peserta didik yaitu 78 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 74%. Hasil belajar pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar 80%. Oleh karena itu dilakukan perbaikan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 85 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 81%.


Keywords


Hasil Belajar; IPAS; Media Pembelajaran; Puzzle

Full Text:

PDF

References


Aniyawati, R. S., Mursidik, E. M., & Prasasti, P. A. T. (2023). Efektivitas Game Edukasi Marbel Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. 4(2) 2023, 639-645

Astiti, N. D., Putu, L., Mahadewi, P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. 26(2), 193–203.

Aulia Zulfa, F. U. N. (2022). Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 Di Era Globalisasi. Jurnal Kalacakra, 03, 65–71.

Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar. 9, 321–334.

Fauzan, M., Saleh, N. T., & Prabowo, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Model PBL Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018 / 2019. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(2), 403–409. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/

Jannah, I. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Puzzle Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 124–131. Https://Doi.Org/10.54065/Jld.2.2.2022.191

Kiswahni, A. (2022). Peran Masyarakat Majemuk Dalam Melestarikan Keanekaragaman Budaya Di Indonesia. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(6), 235–243. Https://Doi.Org/10.56393/Decive.V2i6.1670

Londa, A. H., Mete, Y. Y., & Sadipun, B. (2018). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ipa. 1, 113–120.

Marwantika, A. (2022). The Effectiveness Of Developing Social Studies Learning Modules Based On Local Wisdom To Improve Local Cultural Character In Mts Ar Rohman Tegalrejo. 1. Indonesian Journal Of Social Studies, 6(2), 107–113. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpips/Article/View/21618

Nasution, H. (2022). Upaya Peningkatkan Pemahaman Siswa Materi Pewarisan Sifat Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas IX-1 Semester Ganjil Smp Negeri 1 Tapaktuan. 4(3), 598–609.

Putranto, G. C., Handini, O., Dasar, G. S., & Riyadi, U. S. (2023). Sebagai Sumber Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Negeri Joglo 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 17037–17046.

Putri, R. K. A., & Zaini, I. (2023). Cerita Fabelsebagai Pemantik Project Based Learning Materi Menggambar Komik di SMPN 1 Sidoarjo. Seni Rupa, 11(3), 127–139. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Va/Article/View/55428

Rouf, A. (2019). Reaktualisasi Dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal dengan Manhaj Global: Upaya Menjawab Problematika Dan Tantanganpendidikan Di Era Society 5.0 Dan Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 910–914.

Saputri, J. A., & , Dian Karina Rachmawati, D. K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media LKPD terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. 02, 31–36.

Sari, R. I. P., & Amin. (2024). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Di Sdn 11 Petang Jakarta Timur. Pedagogik, 11(1), 26–32.

Sirait, F. N. S., Panjaitan, M. B., & Thesalonika, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Matematika. Sukma: Jurnal Pendidikan, 7(1), 23. Https://Www.Jurnalsukma.Org/Index.Php/Sukma/Article/View/274

Sri Wahyuni, I. A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Sdn 3 Mamben Daya. 3(1), 95–101.

Syaikhul, M., Dinana, A., & Devi, A. D. (2022). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P . Ausubel Dan. 7, 89–100.

Tisa Enika Sitepu, R. B. B. P., & Nasriah. (2023). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. 7(1), 213–223.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.