Perkembangan Fisik Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Demangan, Kota Madiun

Wahyuna Aprilia, Silvy Aristiani, Mukhamad Fauzan Kurniawan, Amalia Artikasari, Regina Dewi Setyowati, Hanifah Salsabila, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perkembangan fisik anak usia sekolah dasar di Desa Demangan agar tercapainya kegiatan pembelajar yang optimal dalam mengembangkan perkembangan fisik pada anak usia sekolah dasar.  Perkembangan fisik anak berupa pertumbuhan biologis yaitu adanya pertumbuhan otot, pertumbuhan otak, dan pertumbuhan tulang. Pentingnya guru dan orang tua dalam mengasah dan memantau perkembangan fisik anak agar beranjak dewasa anak mandiri dalam melakukan apapun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang diperoleh data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Demangan. Sampel penelitian ini adalah anak anak yang berada di Desa Demangan  dengan kajian teori perkembangan fisik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan fisik anak di Desa Demangan  secara keseluruhan tumbuh dengan baik akan tetapi beberapa anak memiliki pertumbuhan yang tidak sesuai dengan seusianya, faktor yang bisa  mempengaruhinya bisa dari faktor genetik, lingkungan. Hal ini orang tua berperan besar dalam mengembangkan perkembangan fisik anak ke arah yang lebih baik dalam prosesnya.

Keywords


perkembangan fisik anak, usia sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


KEGIATAN BELAJAR 1 PERKEMBANGAN FISIK DAN PSIKOMOTORIK PESERTA. (n.d.). Retrieved from https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_04-08-2023_64cc8d66088c7.pdf.

Kesuma, U., Istiqomah, K., Fisik, P., Karakteristiknya, D., & Otak, P. (n.d.). PERKEMBANGAN FISIK DAN KARAKTERISTIKNYA SERTA PERKEMBANGAN OTAK ANAK USIA PENDIDIKAN DASAR.

Triwahyudi SDN Braja Emas Kec Way Jepara Kab Lampung Timur, P. (n.d.). Perkembangan Fisik Dan Karakteristiknya Serta Perkembangan Otak Anak Usia Pendidikan Dasar. In Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (Vol. 1, Issue 1). http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Winarsih, W. E., & Jember, I. (2021). PERKEMBANGAN FISIK ANAK, PROBLEM DAN PENANGANANNYA. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8.

Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. (n.d.). Retrieved from https://www.edunesia.org/index.php/edu/article/view/121.

PERKEMBANGAN FISIK DAN MOTORIK ANAK. (n.d.). Retrieved from http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/el-aulady/article/view/60/41.

PERKEMBANGAN FISIK DAN KARAKTERISTIKNYA SERTA PERKEMBANGAN OTAK ANAK USIA PENDIDIKAN DASAR. (n.d.). Retrieved from https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/download/125/110.

Rizal, S. (n.d.). PERKEMBANGAN FISIK ANAK USIA DASAR.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.