Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri melalui Kegiatan MPLS

Wahyu Dwi Kusumaningrum, Joshica Kurniawati, Pungky S. Aulyana, Aridha Isma Trihapsari, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji praktik pendidikan karakter melalui kegiatan tahap pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk mengidentifikasi strategi dan pendekatan yang efektif untuk mengintegrasikan pendidikan karakter selama MPLS.

Hasilnya menunjukkan bahwa MPLS dapat menjadi platform yang efektif untuk mengembangkan karakter siswa melalui penggunaan pembelajaran langsung, keteladanan oleh  guru dan pengurus, dan kegiatan berbasis partisipasi siswa. Hasil ini menyoroti pentingnya MPLS tidak hanya sebagai orientasi sekolah tetapi juga sebagai waktu yang berharga untuk memperkuat nilai-nilai dan perilaku positif  siswa. Kajian ini menyoroti pentingnya memasukkan pendidikan karakter ke dalam program MPLS sebagai bagian integral dari pendidikan komprehensif untuk menghasilkan generasi karakter yang  kuat dan beretika.


Keywords


Generasi kuat; disiplin dan beretika

Full Text:

PDF

References


Eka Kurniadi, Moh. Toharudin, & Dedi Romli Triputra. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SIASEM 04. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 01–16. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.263

Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320

Kurniadi, E., Toharudin, M., & Triputra, D. R. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SIASEM 04. Bahasa Dan Pendidikan, 2(3).

Priambudi, A. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA IMPLEMENTATION OF CHARACTER BUILDING IN ELEMENTARY SCHOOL OF UMBULHARJO DISTRICT, YOGYAKARTA CITY, SPECIAL REGIONAL OF YOGYAKARTA. Ardian Priambudi. www.jogja.tribunnews.com

Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarata.

Binti.M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun V, Nomor 1, April 2019

Muhammad Yusnan (2022). Implementation of Character Education in State Elementary School. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities Volume 5 Issue 2, 2022 DOI: https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i2.21019

Wuryandani, W.,Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286-295


Refbacks

  • There are currently no refbacks.