Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 02 Josenan

Dhita Sari Yulianingrum, Nur Samsiyah, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media komik pada siswa kelas IV di SDN 02. Desain penelitian ini yaitu one group pretest-protest design. Sampel penelitian yaitu sample jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan instrumen tes objektif (pilihan ganda). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji-t. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor keterampilan membaca pemahaman siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC dengan media komik sebesar 54,16 untuk nilai pretest dan setelah diberikan treatment nilai siswa lebih tinggi yaitu sebesar 86,5 untuk nilai posttestnya. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa P Value two-tail < Sig 0,05 yaitu 0,000000000000000025 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dengan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 02 Josenan.


Keywords


CIRC; Keterampilan Membaca; Komik

Full Text:

PDF

References


B.HS, H. A., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26465

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Fitriani, L., Aksara, B., & Masalah, L. B. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737

Inayah, A., Annisak, F., Ananda, P., Rahman Tanjung, R., Fadilla, S., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Anak Sekolah Dasar Kelas Tinggi Dengan Menggunakan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3), 143–154. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1661

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361

Pratama, Y. A., Wagiran, W., & Haryadi, H. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 348–360. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4291

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115

Syavira, B. (2022). Komik Digital Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pada Konsep

Dhita Sari Yulianingrum, Nur Samsiyah, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Sistem Pernapasan

. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/64869/1/Skripsi_Bhalqist Syavira_11170161000064_FINAL.pdf

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Widyastuti, A. (2017). Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT. Elex Komputindo, 5–14.

YANTI, S. (2022). Penerapan Metode Sq3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Narrative Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 94–106. https://doi.org/10.51878/language.v2i1.1116


Refbacks

  • There are currently no refbacks.