Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar dengan Media Big Book

Syahnia Claristy, Hendra Erik Rudyanto, Octarina Hidayatus Sholikah

Abstract


Keterampilan membaca permulaan digunakan oleh siswa kelas rendah untuk dapat memahami dan mengucapkan tulisan dengan intonasi dan lafal yang jelas. Permasalahan mengenai rendahnya keterampilan membaca permulaan di kelas II SD perlu adanya perhatian khusus. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan membaca siswa kelas II yakni salah satunya penggunaan media big book dalam pembelajaran membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD dengan media big book. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur. Berdasarkan hasil analisis yang berasal dari jurnal-jurnal ilmiah penelitian terkait topik keterampilan membaca permulaan dengan media big book maka dapat ditarik kesimpulan bahwa big book merupakan media yang dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar di kelas rendah khususnya di kelas II. Dengan menggunakan media big book, Para peneliti menemukan hasil yang menunjukkan peningkatan keterampilan membaca dan pemahaman awal setelah menggunakan media big book.

Keywords


keterampilan membaca; membaca permulaan; media pembelajaran; big book

Full Text:

PDF

References


Alpusari, M., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Hermita, N. (2021). Pengembangan Big Book Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 86. https://doi.org/10.31258/jta.v4i1.86-95

Andriani, T., & Nuroh, E. Z. (2023). Big Book Media on Beginning Reading Skills of Grade 2 Elementary School Students. Indonesian Journal of Education Methods Development, 22(2), 2–5. https://doi.org/10.21070/ijemd.v22i.742

Arif Kamaluddin, & Rusnilawati. (2022). The Effect of Quantum Learning Model With Big Book Media on Reading and Writing Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 568–574. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.54444

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. jakarta: Rajawali Pers.

Diantari, N. M. E., & Tirtayani, L. A. (2020). Motivation for Learning English Early Childhood Through Storytelling Method Using e-Big Book media. Journal of Education Technology, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25155

Elfariani, E., Halidjah, S., & Pranata, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 75 Pontianak Barat. Fondatia, 7(2), 435–446. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3457

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485

Hadi Astuti, N., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book Pada Tema Kewajiban dan Hakku Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105–111.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hayati, Z., Juwita, R. P., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 37.

Julaiha Juli, Nurul Farhaini, Rollin fadilah Hasibuan, N. A. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Maharani, N. P. L., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2023). Media Big Book: Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 56–63. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/58055

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335

Pratiwi, Y. S. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book. Juenal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7, 1–23. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/11585/11132

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Puri, Y. C. (2020). Penerapan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1B SD Negeri 4 Waylaga Panjang Bandar Lampung. 103. http://repository.radenintan.ac.id/12265/1/SKRIPSI 2.pdf

Rahman, B., & Yogyakarta, U. N. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas i sdn bajayau tengah 2 improving early reading skill through flashcard media in 1. 2, 127–137.

Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sahabuddin, E. S., Makassar, U. N., Syamsuddin, R., & Makassar, U. N. (2023). PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN. August.

Sigit Vebrianto Susilo, Devi Afriyuni Yonanda, & Rieta Pratiwi. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 87–97. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123–6136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384

Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 80. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877


Refbacks

  • There are currently no refbacks.