Penggunaan Media Wordwall sebagai Alternatif pada Pembelajaran IPAS

Niken Fitriana Dwi Rahmawati Wardani, Hendra Erik Rudyanto, Octarina Hidayatus Sholikah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian sistem literatur review (SLR) yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan media WordPress sebagai alternatif pada pembelajaran IPAS. hal ini dikarenakan pada sebelumnya siswa hanya mengerjakan soal evaluasi menggunakan kertas dan cara itu dirasa kurang efektif karena sebagian besar siswa kelas tinggi sudah menggunakan chromebook maupun laptop. Dengan menggunakan aplikasi wordwall sendiri siswa akan lebih memiliki motivasi mengerjakan soal yang tinggi karena diaplikasi wordwall ini memiliki banyak gambar animasi yang bisa menarik perhatian siswa agar terpusat pada soal yang akan dia kerjakan. Setelah digunakannya aplikasi wordwall hasil belajar siswa relatif meningkat karena minatnya siswa terhadap aplikasi world yang dianggap siswa sendiri dapat dikerjakan sambil bermain menggunakan chromebook maupun laptop.


Keywords


Aplikasi Wordwall; IPAS; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN CIRACAS 05 PAGI. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Khofifah Indra Sukma & Trisni Handayani. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Maghfiroh, K. (t.t.). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda.

Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19. 12.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375


Refbacks

  • There are currently no refbacks.