Pengembangan E-book ABC pada Siswa Disleksia

Vivi Insafvilla Surya Romadhan, Naniek Kusumawati, Tiara Intan Cahyaningtyas

Abstract


Disleksia merupakan gangguan pada anak yang menyebabkan anak kesulitan membaca, menulis dan mengeja. Anak disleksia memiliki tingkat intelegensi yang normal atau rata-rata, namun tidak sejalan dengan prestasi belajar di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. penggunakan media E-book ABC untuk mempermudah siswa disleksia dalam mengenal huruf kapital dan huruf kecil serta digunakan untuk mengeja suku kata yang merupakan keterangan dari gambar. Pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa disleksia memerlukan media digital yang menarik dan mudah dipahami. Media E-book ABC bertujuan membantu siswa disleksia dalam membaca dan mengenal huruf. Hasil belajar siswa disleksia meningkat setelah dilakukan pretest dan posttest. media E-book ABC efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa disleksia. Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah kegiatan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pendidikan dengan menerapkan metode berbeda pada waktu dan tahapan yang berbeda. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze Design Develop Implement and evaluate). Hasil validasi dari ketiga ahli materi, ahli bahasa dan ahli media menunjukkan produk E-book ABC layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba media E-book ABC dilakukan dengan angket respon siswa dengan rata-rata kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media E-book ABC layak digunakan dan memudahkan siswa disleksia dalam belajar.


Keywords


Siswa Disleksia; Kesulitan Membaca; Media E-book ABC

Full Text:

PDF

References


Aliyasari, M., & Martadi. (2021). Perancangan Flash Card Sebagai Media Pengenalan Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Barik, 2(2), 82–95. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEM Pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 635–646. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646

Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313–333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19–24. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjjxufV3IXkAhUjhuYKHahLAoEQFjABegQIBxAC&url=http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/download/370/268&usg=AOvVaw00fevBbmE

Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25035

Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2019). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, 1–8.

Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 69–78. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.39571

Sastabila, N., & Dwija Iswara, P. (2024). Pengembangan Media Audiobook untuk Pembelajaran Membaca dan Memirsa pada Siswa Fase B. 10(1), 312–323. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6705

Shiyamsyah, F. S. F., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 492–501. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p492-501

Willoughby, D., Evans, M. A., & Nowak, S. (2015). Do ABC eBooks boost engagement and learning in preschoolers? An experimental study comparing eBooks with paper ABC and storybook controls. Computers and Education, 82, 107–117. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.11.008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.