Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar

Intan Cindy Ristry Hapsary, Tiara Intan Cahyaningtyas, Apri Kartikasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar IPAS kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen). Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas 4 di SD Negeri 01 Josenan dengan 30 siswa sebagai sampel yang semuanya akan menerima perlakuan yang sama. Teknik pengambilan data menggunakan pretest dan posttest dalam satu kelompok saja tanpa adanya kelompok kontrol atau perbandingan. Instrument yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan Analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning terhadap hasil belajar IPAS. Hal ini dibuktikan dengan semua siswa mengalami peningkatan nilai dari pretest ke posttest, dengan nilai Z sebesar -4.869 dan signifikansi asimtotik dua ekor sebesar 0.000, jauh di bawah tingkat signifikansi umum 0.05 yang menandakan bahwa penerapan PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Model Pembelajaran Project Based Learning; Hasil Belajar; IPAS Siswa

Full Text:

PDF

References


Amirahlilis, P. G. (2023). Keadaan Pendidikan Saat Ini dan Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar (Vol. 6, Issue 20).

Barron, B., & Chen, M. (2008). Teaching for meaningful learning: A review of research on inquiry-based and cooperative learning. Powerful Learning: What We Know About Teaching for Understanding, 11–70.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Branch, R. M. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.

Putra, A. A. (2020). OTOKRITIK PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM.

Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan Aksesibilitas Pendidikan dalam Perpsektif Pendidikan Multikultural. Foundasia, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444

Dewi, N. K. N. A., Garminah, N. N., & Pudjawan, K. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis poyek (project based learning) terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SDN 8 Banyuning. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–10.

Edtami, T. L., Putra, R. A., & Ruhyanto, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Hapsary, Cahyani, dan Kartikasari

Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Kawali. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 56. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8888

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Lawe, Y. U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa SD. Jornal of Education Technology, 2, 26–34.

Langi, W. L. (2023). MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS V SDN 5 TALLUNGLIPU KABUPATEN TORAJA UTARA. Jurnal Tinta, 5(1), 94–106.

Krueger, R. F., & Kling, K. C. (2004). Self-report. Encyclopedia of Psychology, Vol. 7., 220–224. https://doi.org/10.1037/10522-098

Masmulyono. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Muatan Pembelajaran Ipa Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2018/2019. Intersections, 7(1), 30–38.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. CA: Autodesk Foundation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.