Implementasi Media Evaluasi Pembelajaran Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas VI SD

Muryani Muryani, Vivi Rulviana, Raras Setyo Retno

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah adanya temuan rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas VI SDN Banjarejo 3, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Berdasarkan temuan di lapangan diketahui bahwa sebagian besar peserta didik belum mencapai hasil yang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Banjarejo 3 pada mata pelajaran IPAS melalui media evaluasi pembelajaran quizizz. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) aatau Classroom Action Research yang menggunakan model kurt lewin dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan adanbya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI mata pelajaran IPAS di SDN Banjarejo 3.

Keywords


evaluasi; media; quizizz

Full Text:

PDF

References


Alexie, S. (2019). The business of fancydancing: Stories and poems. Brooklyn, NY: Hang Loose Press.

American Psychiatric Association. (2019). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

Booth-LaForce, C., & Kerns, K. A. (2014). Child-parent attachment relationships, peer relationships, and peer-group functioning. In K. H. Rubin, W. M. Bukowski, & B. Laursen (Eds.), Handbook of peer interactions, relationships, and groups (pp. 490-507). New York, NY: Guilford Press.

Keller, T. E., Cusick, G. R., & Courtney, M. E. (2015). Approaching the transition to adulthood: Distinctive profiles of adolescents aging out of the child welfare system. Social Services Review, 81, 453- 484.

Koo, D. J., Chitwoode, D. D., & Sanchez, J. (2018). Violent victimization and the routine activities/lifestyle of active drug users. Journal of Drug Issues, 38, 1105-1137. Retrieved from http://www2.criminology.fsu.edu/~jdi/

Senior, B., & Swailes, S. (2017). Inside management teams: Developing a teamwork survey instrument. British Journal of Management, 18, 138-153. doi:10.1111/j.1467-8551.2006.00507.x

Shyyan, V., Thurlow, M., & Liu, K. (2015). Student perceptions of instructional strategies: Voices of English language learners with disabilities. Minneapolis, MN: National Center on Educational Outcomes, University of Minnesota. Retrieved from the ERIC database.(ED495903)

Williams, J. H. (2019). Employee engagement: Improving participation in safety. Professional Safety, 53(12), 40-45.

Wolchik, S. A., West, S. G., Sandler, I. N., Tein, J.-Y., Coatsworth, D., Lengua, L.,...Griffin, W. A. (2016). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child programs for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 68, 843-856.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.