Pengembangan E-Book Unggah-ungguh Basa Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar

Fharid Juliadji, Hendra Erik Rudyanto, Octarina Hidayatus Sholikhah

Abstract


Berbahasa jawa perlu dilestarikan penggunaannya terutama di lingkungan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media belajar berupa e-book untuk siswa sekolah dasar. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas 1 sampai kelas 6 di SDN 01 Mojorejo Taman dan diambil sejumlah kelas perwakilan yang diperoleh dari stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan uji validitas kelayakan produk dan uji kepraktisan penggunaan. Hasil penelitian pengembangan memberikan hasil pada uji validasi kelayakan yang memperoleh skor 92,5% dan dikategorikan bahwa produk sangat layak digunakan. Perolehan nilai uji skala luas pada kepraktisan produk di kelas rendah memperoleh skor 78,15%, perolehan nilai pada kepraktisan produk di kelas menengah memperoleh skor 90,70%, perolehan nilai pada kepraktisan produk di kelas tinggi memperoleh skor 85,00%, hasil perolehan validasi nilai dari keseluruhan nilai mencapai angka 84,61% sehingga kategori produk dinyatakan cukup praktis untuk digunakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-book unggah-ungguh bawa jawa untuk siswa sekolah dasar dikategorikan sangat layak dan cukup praktis untuk digunakan.


Keywords


Buku Digital; Bahasa jawa

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Ardissono, L., Kuflik, T., & Petrelli, D. (2012). Personalization in cultural heritage: The road travelled and the one ahead. User Modeling and User-Adapted Interaction, 22(1–2), 73–99. https://doi.org/10.1007/s11257-011-9104-x

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Situated Ethics in Educational Research Society for Educational Studies. British Journal of Educational Studies, 49(3), 362–365.

Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18529

Darmayanti, R. Y., & Subrata, H. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa ragam bahasa ngoko dan krama pada siswa kelas iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 09(10), 2. https://www.academia.edu/download/89651370/482196110.pdf

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Kolar, T., & Zabkar, V. (2010). A consumer-based model of authenticity: An oxymoron or the foundation of cultural heritage marketing? Tourism Management, 31(5), 652–664. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.07.010

Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Dalam. 10(1), 149–158.

Liana, L., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289

Martinez, V. G., & López-Río, J. (2015). About the Horrific Peril of Reading on Digital Devices. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 178(November 2014), 105–109. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.159

Miningsih, S. (2015). Implementasi Tik Dalam Pembelajaran Mendengarkan Di Sekolah Dasar. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, November, 188–199. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9062

Pratiwi, M. K., & Indana, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis QR-Code untuk Melatihkankemampuan Literasi Digital Siswa pada Materi Perubahan lingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 457–468. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p457-468

Rvachew, S., Rees, K., Carolan, E., & Nadig, A. (2017). Improving emergent literacy with school-based shared reading: Paper versus ebooks. International Journal of Child-Computer Interaction, 12, 24–29. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2017.01.002

Sasangka, S. S. T. W. (2008). KEANTONIMAN DALAM BAHASA JAWA. 1–14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.