Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar

Mufida Sabita Ihsan, Ivayuni Listiani, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mencari tahu pengaruh model pembelajaran POE berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDIT Badrussalam pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode true eksperimental design dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini sejumlah 74 siswa dan dari jumlah tersebut dipilih sampel penelitian pada kelas kontrol sebanyak 25 siswa dan pada kelas eksperimen sebanyak 25 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dimana pengumpulan data berupa hasil belajar menggunakan teknik tes yaitu posttest. Terdapat dua uji prasyarat yaitu pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan perolehan hasil penelitian diketahui model pembelajaran POE berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa SD. Hal ini didukung dengan hasil pengujian uji hipotesis dimana  thitung (2,5225) > ttabel (2,0106) jadi Ho ditolak, Ha diterima. Dari dasar hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran POE dengan bantuan video animasi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDIT Badrussalam.


Keywords


Model Pembelajaran POE; Video Animasi; Hasil Belajar Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Alifia, H. N., Prihantini, & Kuswanto. (2021). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/download/16820/9987

Anpariza, D., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Strategi POE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1492–1501. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/965

Ashar, S. A., & Supriansyah, S. (2023). Media Video Animasi Berbasis Powtoon Materi Keragaman Budaya Indonesia di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 167–176. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.384

Astuti, P. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Bidang Studi PPKn Melalui Pemberian Pekerjaan Rumah. 2, 66–72. http://www.jurnal.unublitar.ac.id/ index.php/brilliant

Berliana, T., & Aka, K. A. (2023). Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Bersatu Dalam Keberagaman. Revolusi Pendidikan Di Era VUCA, 581–586.

Dewi, R. K., Sary, K. R. C., & Hanifah, H. (2023). Pendidikan Pancasila SD/MI Kelas III.

Fathonah, F. S. (2016). Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 171–178.

Firman, S., & Ineu, N. H. (2017). Predict-Observe-Explain (POE) Learning Model for Increase Student’s Concept Understanding on The Material of The Nature of Light. Antologi UP, 12–23.

Ismayanti, I., Tanjung, I. F., & Khairuddin, K. (2022). The Effect Of Predict-Observe-Explain (POE) Learning Model On Students’ Science Process Skills Biology In MTs Aisyiyah Binjai. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(1), 25–37.

Nuraeni, I. dkk. (2020). Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 41–52.

Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, S. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungsari. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(4), 623–627. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i4.661


Refbacks

  • There are currently no refbacks.