Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Pada Materi Pecahan Kelas IV SD

Diki Hari Pradana, Hartini Hartini, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta

Abstract


Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Ispring dimaksudkan untuk memberikan salah satu jawaban terhadap sulit dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran digital di SDN 02 Luworo. Peneilitian ini bertujuan untuk mengeimbangkan Multimedia Interaktif yang layak digunakan dan mendapatkan respon yang baik dengan subyeik peneilitian siswa kelas IV. Pada model pengembangan ADDIEI yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Deveilopmeint; (4) Implementation; (5) EIvaluation. Instrumein penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan isi/materi pembelajaran, (2) instrumen kevalidan media pembelajaran serta angket respon peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis Spring Sute. Berdasarkan analisis data, diperoleh presentase kevalidan oleh ahli materi pembelajaran 86,67%, presentase oleh ahli media sebesar 90% dan respon peserta didik diperoleh presentase 96%. Media pembelajaran telah memenuhi krtera, peserta didik memberikan respon yang baik. Dari hasil Kevalidan dan respon siswa yang baik yang dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Ispring yang dikembangkan bisa digunakan oleh guru dan siswa SD khususnya pada materi pecahan di keilas IV.


Keywords


Pengembangan Meidia interaktif; berbasis Ispring; Matematika.

Full Text:

PDF PDF

References


Adesti, A., Nurkholimah, S., & Baturaja, U. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI.

Firmansyaih, F. H., Sairi, I. P., & Musyairofaih, M. (2019). Pengembangan Mediai Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh di Universitas Pendidikan Indonesa. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 99–108. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i2.21667

Fitri, AI. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sponges Daikon Pada Materi FPB dain KPK Terhaidaip Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Scholara: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p171-178

Fitriani, N., Nurfauziah, P., Silwangi, I., & TerusanJenderalSudirmanCimahi, J. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN ADVANCED MATHEMATICAL THINKING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY PADA MAITAI KULIAIH TRIGONOMETRI. Jurnail Pembelaijairain Maitemaitikai Inovaitif, 3(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p69-80

Kairtini, K. S., Tri, N., & Putrai, AI. (2020). RESPON SISWAI TERHAIDAIP PENGEMBAINGAIN MEDIAI PEMBELAIJAIRAIN INTERAIKTIF BERBAISIS AINDROID. Jurnail Pendidikain Kimiai Indonesiai, 4, 12–19. https://ejournail.undikshai.aic.id/index.php/JPK/index

Mumri, AI. F., & AIini, S. (n.d.). Edukimiai Journail Pengembaingain Mediai Pembelaijairain Powerpoint Interaiktif berbaisis Inkuiri Terbimbing paidai Maiteri Reaiksi Redoks Kelais XII SMAI/MAI. 2019. http://edukimiai.ppj.unp.aic.id/ojs/index.php/edukimiai/

Novegitaisairi, Y., & Sri Noor AIsih, T. (2020). Kemaimpuain Berpikir Kreaitif Maitemaitis Paidai Model Pembelaijairain Meains-Ends AInailysis Berbaintuain E-Leairning Ditinjaiu Dairi Kemaindiriain Belaijair Siswai.

Putriainai Br Sinaigai, AI., Hairleni, S., & STKIP Budidaiyai Binjaii, M. (2021). AINAILISIS KESULITAIN BELAIJAIR SISWAI POKOK BAIHAISAIN BAINGUN DAITAIR DI ERAI COVID-19 SISWAIKELAIS VI SDNEGERI 050656 STAIBAIT. In Jurnail Serunaii Maitemaitikai (Vol. 13, Issue 2).

Raisyid, AI., & AIrif, AI. (2019). Pengembaingain Mediai Pembelaijairain Berbaintuain Gaime AIndroid untuk meningkaitkain kemaimpuain Berpikir kritis siswai.

Ridwain. (2016). Skailai Pengukurain Vairiaibel - Vairiaibel Penelitiain. AIlfaibetai.

Sairi, P. R., Djaijai, S., & Kaintun, S. (2019). PENGEMBAINGAIN MEDIAI PEMBELAIJAIRAIN BERBASIS ANDROID DENGAN SISTEM APPY PIE PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 91. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.11005

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Troynanda Feriatna, S. A. P. N. A. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Peluang Untuk Siswa Sma Kelas X (Issue 1). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.22202/Jl.2017.V4i1.2378

Wahyudi, W., Suyitno, H., & Waluya, St. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289


Refbacks

  • There are currently no refbacks.