Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Dengan Menggunakan Komik Digital Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Kelas V

Eria Rachmawati, Apri Kartikasari HS, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Pendidikan nasional dilakukan oleh manusia sebagai perubahan menuju pembangunan Indonesia. Masalah yang muncul akan terpecahkan dan juga meningkatkan kualitas hidup manusia. Motivasi berasal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai kekuatan pendorong yang ada dalam diri Berdasarkan permasalahan yang ada, diperlukan upaya alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya dengan pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dan didukung dengan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong kerjasama antara peneliti dan mahasiswa serta mampu memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah model Penelitian Tindakan Kelas (CAR). Motivasi belajar berasal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai kekuatan pendorong yang ada pada diri seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan. Pembelajaran IPA dan IPS adalah pembelajaran yang mencakup IPA dan IPS.


Keywords


Motivasi Belajar; pembelajaran IPAS; pendekatan CAR

Full Text:

PDF

References


Afrilyanti, Desy Safitri, and Sujarwo. 2024. “Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS.” Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2(2): 55–69.

Ahmad, Suryana. 2017. “Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif 3(17): 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf.

Aisyi, Rohadatul. 2020. “Peranan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Sd Secara Daring.” Peranan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Sd Secara Daring: 28–36.

Amerika, Jurnal Sosiologi. 2019. “Metode Penelitian.” Jurnal Informasi dan Pemodelan Kimia 53(9): 1689–99.

Ariyanto, Sahrul et al. 2023. “Pengembangan Pembelajaran Proyek Berbasis Media Komik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri Sumberrejo Kab . Musi Rawas.” 3: 821–30.

Bagus, I D A et al. 2016. “Teknik Wawancara Dan Observasi Untuk Pengumpulan Bahan Informasi.” : 1–11.

bidin A. 2017. “Опыт Аудита Обеспечения Качества и Безопасности Медицинской Деятельности в Медицинской Организации По Разделу «Эпидемиологическая БезопасностьNo Title.” Вестник Росздравнадзора 4(1): 9–15.

Dewi, A. Yuliana. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.” Dinamika Pendidikan 1(2): 10–35.

Dianti, Yira. 2017. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 11: 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.

Epriliana, Rifanty. 2019. “Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas V B SD Muhammadiyah Condongcatur.” Jurnal JPSD 10(10): 1–6.

Fadhilla, Ashf, and Ira Silmi. 2017. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Hotel Horison Bandung.” Repository.Upi.Edu 84: 487–92. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933.

Fauzia, Fara El Alfa. 2021. “Pengaruh Media Komik Digital Terhadapat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MA Zumrotul Wildan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021.” Perpustakaan IAIN Kudus: 1–23. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://repository.iainkudus.ac.id/6478/5/BAB II.pdf.

Febriani, Meli. 2021. “IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi).” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(1): 61.

Jufirman, Dany. 2018. “Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik SMA PGRI Pekanbaru.” Skripsi Pendidikan, Universitas Islam Riau 1(1): 7–34.

Julizawati, Lara. 2023. “Pengembangan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Smpn 40 Pekanbaru.” Skripsi Thesis, UIN SUSKA RIAU 1(1): 107.

Juniawan, Eko Rahmad, Vira Hanisa Salsabila, Agung Tri Prasetya, and Wara Dyah Pita. 2023. “CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education Studi Literatur : Analisis Media Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan.” 6: 82–94.

Kristin, Firosalia dan Mulia, Yeremia Abdi. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD.” Journal on Teacher Education 4(4): 293–302.

Manihuruk, T. A., P. J. Silaban, and A. Hasibuan. 2021. “Improving Students’ Learning Outcomes Through Open-Ended Probelem Model At Grade IV SD RK Bintang Timur Rantauprapat.” 5: 954–62.

Maulidi Purnama Sari, Syela, Syofiyyah Bahiroh, Nur Aisyah, and Bambang Firmansyah. 2023. “Efforts to Improve Learning Outcomes in Social Studies Subjects Through a Guide to Reading Strategies for Class 5 Students at SDN 1 Plumbon, Cirebon Regency.” (11). https://journal.nahnuinisiatif.com/index.php/ARJI.

Mudanta, Kadek Arya, I Gede Astawan, and I Nyoman Laba Jayanta. 2020. “Instrumen Penilaian Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Mimbar Ilmu 25(2): 101.

“Nur Alvi Anazmah - 130210204009 #.”

Nur Fauziyah, R. 2015. “Efektivitas Penggunaan Alat Bantu Reaksi Gerakan Tangan Bagi Kaum Disabilitas.” UPI Repository: 33–34. http://repository.upi.edu/20109/6/S_TE_1102479_Chapter3.pdf.

Nuraeni, Ita. 2020. “Metode Penelitian.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Parni, Agama Islam, Sultan Muhammad, and Syafiuddin Sambas. 2020. “Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional 3(2): 96.

Purwatresna Senjaya, Rizky et al. 2022. “Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” All rights reserved 1(2): 99–106. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248.

PUTRI, C. 2023. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Pohon Pintar Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Sma Pgri 2 Kota Jambi.” : 7. https://repository.unja.ac.id/43617/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/43617/4/BAB II KAJIAN TEORI.pdf.

Rizky, Iftitah A’immatur. 2022. “Tutorial Pembuatan Media Komik Digital Pada Pembelajaran IPA Kelas 4.” Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(4): 391–97.

Rizqi, Aprilliarose Taurina, and Made Sumantri. 2019. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 3(2): 145–54. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18071.

Sari, Indah. 2018. “Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguas.” Manajemen Tools 9(1): 41–52. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191.

Setiani, Ari. 2023. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 1 Karangnanas [Skripsi].” : 1–160.

Studi, Program et al. 2023. PENERAPAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM.

Terhadap, Komik, Hasil Belajar, I P A Siswa, and Madrasah Ibtidaiyah. 2023. “Diterima Dengan T.” 01: 26–35.

Thalib, Mohamad Anwar. 2022. “Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya.” Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah 5(1): 23–33.

Yuliani H, Khemala, and Hendri Winata. 2017. “Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2(1): 259.

Zakiyah, Zenzen et al. 2022. “Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis.” Jurnal Basicedu 6(5): 8431–40.

Zamili, Moh. 2015. “MENGHINDAR DARI BIAS: Praktik Triangulasi Dan Kesahihan Riset Kualitatif.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan 9(2): 283–304.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.