Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Clarissa Diktrianisa Putri, Parji Parji, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Tiga kategori digunakan untuk mengkategorikan hasil belajar: kognitif, emosional, dan psikomotor. Tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan daya ingat, pengetahuan, dan kemampuan intelektual termasuk dalam komponen kognitif. Strategi pembelajaran yang menekankan pada penggunaan penalaran siswa untuk sampai pada solusi, seperti model inkuiri diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Tujuan penelitian ini untuk memperjelas bagaimana model inkuiri di kelas IV SDN 01 Demangan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Tes, observasi, dan dokumentasi adalah beberapa metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat Langkah yaitu perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi digunakan untuk melakukan penelitian ini. Metode analisis data kualitatif dan kuantitatif diterapkan. Skor dan nilai merupakan contoh data kuantitatif, sedangkan pengumpulan reduksi, penyajian, dan verifikasi data merupakan contoh data kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus II hasil belajar kognitif siswa meningkat secara signifikan. Hasilnya, pendekatan inkuiri berhasil diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif.


Keywords


Hasil Belajar kognitif; model Inkuiri

Full Text:

PDF

References


Aiman, U., Amelia, R., & Ahmad, R. (2020). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBL ) TERHADAP. 1, 1–5.

Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Desi, G. L., & Hani, I. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(2), 51–59. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Meo, L., Weu, G., & BS, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.101

Nur Azmi, & Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(2), 82–90. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.180

Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2017). THE EFFECT OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO THE COGNITIVE ACHIEVEMENT OF STUDENTS IN SMA NEGERI 01 MANOKWARI ( STUDIES ON THE SUBJECT SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT ) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Pendidikan, 5(1), 462–471.

Wati, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(2), 76–82. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.3213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.