Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Google Sites Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media Google Sites terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi-experimental. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas V di sebuah sekolah dasar yang dipilih secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model PBL berbantuan Google Sites, sementara kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran cooperative learning. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup tes kemampuan berpikir kritis.. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk menentukan perbedaan yang sig (2-tailed) yaitu 0,000. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa terdapat pengaruh yan signifikan yang telah diberikan pada variabel. Maka H₀ diterima dan Hₐ ditolak Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran dengan media Google Sites menunjukkan tingkat kepuasan dan keterlibatan yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan media google sites memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan Google Sites secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode cooperative learning. Temuan ini memberikan implikasi positif bagi pengembangan metode pembelajaran inovatif yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ini, A. N., Wirahayu, Y. A., & Budijanto, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(12), 1236–1248. https://doi.org/10.17977/um063v2i12p1236-1248
Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19Di Smk Negeri 6 Bungo. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 100–107. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.33
Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78–82. https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Miharja, F. (2015). Penerapan Problem Based Learning berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Symposium on Biology Education (Symbion) Di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta.
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Siregar, M. Y. (2018). Analisis Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas XI di MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2017-2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Taufik, M., Sutrio, S., Ayub, S., Sahidu, H., & Hikmawati, H. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru Ipa Smp Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.490
Refbacks
- There are currently no refbacks.