Studi Literatur Peningkatan Hasil Belajar Ipas Siswa Sd Dengan Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Flash Card

Cindy Novita Zein, Fida Rahmantika Hadi, Tiara Intan Cahyaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah pendekatan pembelajaran Take and Give yang dilengkapi dengan media Flash Card meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan IPA. Pendekatan kualitatif dan tinjauan lliteratur digunakan dalam penelitian ini. Tinjauan pustaka didasarkan pada publikasi ilmiah, jurnal, dan bahan penelitian terkait yang terkait dengan subjek ini. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar saintifik dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Take and Give disertai media Flash Card. Tinjauan pustaka menemukan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Take and Give dengan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran saintifik. Analisis data literatur ilmiah yang relevan mengungkapkan pengaruh yang cukup besar terhadap meningkatnya hasil belajar siswa. Metodologi pembelajaran Take and Give berbantuan media Flash Card memperkuat kemampuan berpikir siswa sehingga menghasilkan hasil belajar kognitif yang maksimal. Selain itu pendekatan pembelajaran Take and Give yang berbantuan media Flash Card juga dapat digunakan untuk mengajar dan mempelajari IPAS.


Keywords


Hasil belajar; model pembelajaran; take and give; flash card; studi literatur.

Full Text:

PDF

References


Amiarti, C. A. D., & Kurniawan, N. A. (2023). g. Belantika Pendidikan, 6(1), 25–35.

Anggraini, A. P., Oktavianti, I., & Ismaya, E. A. (2022). Eksperimentasi Model Take and Give Berbantuan Media Flash Card Kearifan Lokal Jepara Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 126–137.

Arka, I. W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Kompetensi. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 54–63.

Cahyaningtyas, T. I., Maruti, E. S., Rulviana, V., & Hadi, F. R. (2023). Media Edu-Specials Kids: Media Pembelajaran Adaptif Sekolah Inklusi. CV. AE Media Grafika.

Damau, M. S. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI), 1(1), 1–5.

Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA : Ikatan Alumni PGSD UNAIRS, 8(1), 108–118.

Fitania, F., Widayat, E., & Sumartono, S. (2022). Perbedaan Antara Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Model Kooperatif Tipe (Stad) Student Team Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Langkah Polya. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02), 1–8.

Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436–446.

Hafidzoh Rahman, N., Mayasari, A., Arifudin, O., & Wahyu Ningsih, I. (2021). Pengaruh Media Flash Card Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Handayani, U. F. (2020). Analisis Hambatan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pusaka, 9(2), 22–36.

Hoerudin, C. W. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Sdn Kertamukti. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(1), 1–15.

Ishyang, Kadir, A., Firdaus, & Sudarto. (2024). Penerapan Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar MAtematika Siswa Kelas IV SD INPRES 12/79 Cellu 1. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(8), 2361–2370.

Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17–30.

Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1.

Owens, D. C., Sadler, T. D., Barlow, A. T., & Smith-Walters, C. (2020). Student Motivation from and Resistance to Active Learning Rooted in Essential Science Practices. Research in Science Education, 50(1), 253–277.

Pasaribu, E., Sitohang, S., & Simanjuntak, S. (2024). Development of a Jigsaw Type Cooperative Learning Model Based on 6C to Improve Social Attitudes and Interpersonal Skills Students ’ Civics in Primary Schools. IJCSE: International Journal of Contemporary Student Education, 03(1), 61–68.

Pertiwi, D. H., Karnadi, M. C., & Syamsiyah, N. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Teks Eksposisi Kelas Ix Smp Raudlatul Islamiyyah Jakarta. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(1), 9.

Rahmaniati, R. (2024). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ramadha, I. E., & Zuhaida, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Flash Card. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 46–52.

Rasyid, R. E., M., U., & Syahrir, S. A. (2020). High Order Thinking Skills. CV. Syntax Corporation Indonesia.

Sholihah, N. A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Selat Media Partners.

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. CV. Cipta Media Edukasi.

Sudrajat, A., Darojat, O., & Aripin, S. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Digitalisasi 4 . 0 Bagi Guru di Kabupaten Sumedang.

Sukmayasa, I. M. H. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 53.

Sutrisno, S., & Prastiwi, D. N. I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Plus Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 1–12.

Taufik, N., & Prabowo, F. H. E. (2021). Strategi Penyusunan dan Publikasi Artikel Ilmiah. Langgam Pustaka.

Wahdania, N. A., Fauzan, A., Hariyanto, H., & Zubair, M. (2022). Problematika Guru dalam Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dompu. Manazhim, 4(2), 383–396.

Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913.

Yuniarti, A., & Superman. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPS. Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 27–36.

Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi 1 Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.