Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Karakter Disiplin pada Siswa Kelas III UPT SD Negeri 010 Rante Bone Kabupaten Luwu Utara

Djuanita Lius Pinta, Sunardin Sunardin, Andi Kilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya karakter disiplin pada siswa kelas III UPT SD Negeri 010 Rante Bone. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskripstif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap siswa dan guru yang dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan butir wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 18 siswa terdapat 5 (28%) siswa termasuk dalam persentase kategori disiplin tinggi, 2 (11%) siswa termasuk dalam persentase kategori disiplin sedang, 8 (44%) siswa termasuk dalam persentase kategori disiplin rendah dan 3 (17%) siswa termasuk dalam persentase kategori disiplin sangat rendah. Rendahnya karakter disiplin siswa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu rendahnya kesadaran siswa untuk menerapkan karakter disiplin. Faktor eksternal yaitu pengaruh teman kelas dan pola asuh orang tua.

Keywords


Karakter Disiplin; Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, D., & Putri, R. D. (2021). Analisis Tingkat Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Di SMA PGRI 2 Palembang. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 11-18.

Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021, December). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS) (Vol. 1, No. 1).

Ai, P., & Ekasatya, A. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.

Amelia, N., & Dafit, F. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1).

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital.

Arniah, A., Ahmad, R. I., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626-8634.

Azmii, R., & Utami, R. D. (2022). Penguatan Disiplin dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Rules and Procedures pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6320-6328.

Bisri, H., & Ulfa, M. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(01).

Elpa, R., & Dafit, F. (2022). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 190 Pekanbaru. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(1), 95-110.

Endriani, A. (2020). Hubungan antara keharmonisan keluarga dengan sikap disiplin siswa. Jurnal Paedagogy, 4(2), 42-49.

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Febriani, Y. (2018). Hubungan Konsep Diri Dan Cara Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik Siswa Kelas XI Jurusan IPA di SMA Negeri Se-Kecamatan Marpoyan Damai Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Felazen, P. R. (2020). IDENTIFIKASI PENYEBAB RENDAHNYA KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PUCUNG II (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200-207.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, No. 1). CV. Alfabeta.

Huda, A. K., Montessori, M., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Berbasis Nilai Religius Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4190-4197.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18-23.

Jainuddin, J., & Sirajuddin, S. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Kezia, P. N. (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941-2946.

Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279.

Kurniawati, R. (2022). UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER SIKAP TANGGUNGJAWAB DALAM PEMBELAJARA MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI SABRANG DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan pendidikan karakter cinta tanah air. Jurnal Education and development, 10(3), 496-498.

Lestari, W. A. W., Nabillah, P., Widyati, N. A., Tricahayu, B., & Amna, N. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Ketidakdisiplinan Siswa di SD 058101 Sumber Jaya. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 236-242.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062-3071.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 91-96.

Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Anak SDN 2 Muryolobo pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1179-1186.

Patimbangi, A., & Darwis, R. H. (2022, March). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan 2022.

Pitriani, S. (2020). Analisis materi pokok seni budaya dan prakarya (Sbdp) kelas III MI/SD. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 60-73.

Pratiwi, S. I., Kristen, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70.

Rejeki, S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam pada Pembelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Auladil Muslimin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360-373.

Romadhani, N., Surmarsono, R. N., & Resita, C. Tingkat Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 5 Karawang.

Saeful, A. (2021). Implementasi nilai kejujuran dalam pendidikan. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 4(2), 124-142.

Septirahmah, A. P., & Hilmawan, M. R. (2021). Faktor-faktor internal yang mempengaruhi kedisiplinan: pembawaan, kesadaran, minat dan motivasi, serta pola pikir. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 618-622.

Sukma, H. H. (2021, August). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Surakarta (Vol. 1, No. 01, pp. 85-92).

Wahidin, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1).

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan karakter: membentuk pribadi positif dan unggul di sekolah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.