Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Proyek P5 Kelas 4 di MIN 1 Kota Madiun

Lalitya Mredu Nimpuna, Sri Budyartati, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan proyek P5 Kurikulum Merdeka di kelas 4 MIN 1 Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat pospositivisme. Peneliti sebagai kunci utama dalam penelitian. Hasil dari pennelitian ini menunjukkan bahwa penerapan projek P5 kelas 4 di MIN 1 Kota Madiun sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan indikator yang telah tercapai sesuai dengan buku panduan projek P5. Meskipun sekolah baru menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun pertama, hal tersebut tidak menjadi suatu masalah ataupun menimbulkan kendala yang begitu besar. Hal tersebut terjadi karena pihak sekolah sudah melakukan persiapan dengan baik.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Implementasi, Projek P5

Full Text:

PDF

References


Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sudarwan Danim. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Susilawati, W. O. O., Anggrayni, M., & Kustina, I. (2023). Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3, 9799–9812.

Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 12–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.