Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas IV SDN 01 Nambangan Lor

Lala Maryola, Raras Retno, Dahlia Novarianing Asri

Abstract


Media pembelajaran sebagai salah satu factor keberhasilan dalam pembelajaran. Media pembelajaran untuk memudahkan komunikasi antara guru dan peserta, yang ingin disampaikan kepada peserta didik dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk salah satunya media wayang kartun. Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di SDN 01 Nambangan Lor, terutama penggunaan media wayang kartun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran wayang kartun terhadap hasil belajar PPKn kelas IV SDN 01 Nambangan Lor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif Quasi Eksperimental. Teknik pengambilan sampel kelas IV sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh media pembelajaran wayang kartun terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD. Dari hasil dan pembahasan maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan hasil belajar dan diperoleh nilai rata-rata yang ada dikelas eksperimen sebesar 83,2 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 75,5. Kemudian dari hasil Uji t makan dapat disimpulkan hasil berdasarkan SPSS 26 diketahui nilai Signifikasi 0,255 > 0,05 dan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dari hasil uji tersebut menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa ada pengaruh media pembelajaran wayang kartun terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD

Keywords


Media pembelajaran wayang kartun, Hasil belajar PPKn

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. P. (2016). Pengaruh Penggunaan Wayang Sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak Terhadap Minat Dan Hasil Belajar. 1–44.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hanna Lestari Setiawati, F. S. S. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA WAYANG UNTUNG MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP. 09(September), 1971–1980.

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Maulida, D., Nurfitriani, M., Saleh, Y. T., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Tasikmalaya, U. M., Tasikmalaya, K., Barat, P. J., & Maulida, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Boneka Wayang Panggung Cerita Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Toleransi Terhadap Teman Beda Suku / Asal Daerah. 1(2), 95–101.

Muthohharoh, I., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kardus terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3196–3202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1267

Nurcahyanto, E. (2016). Penerapan Media Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Application of Cartoon Puppet Media To Improve Javanese Speaking Skills. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 19, 5.

Nurkaidah, D. K. S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Fabel melalui Model Paired Storytelling melalui Media Wayang Kartun di Kelas II MI BPPKI Cisaat dengan Teknik Project Base Learning (PJBL). 4, 176–181.

Panggabean, M., & Kurniaman, O. (2022). Pengembangan Media Wayang Kartun Untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 197–209.

Qorimah, E. N., & Abduh, M. (2021). Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran Wayang Pahlawan dan Cerita Pahlawan terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2062–2068. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1158


Refbacks

  • There are currently no refbacks.