Kelayakan Media Pembelajaran Video Berbasis Doratoon pada Materi Tata Surya Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah

Karisma Khoirun Nisa

Abstract


Artikel ini menyajikan hasil penelitian pemanfaatan media pembelajaran video berbantuan Doratoon untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa pada materi IPA tata surya di kelas VI Madrasah ibtidaiyah. Metode penelitian yang dipilih adalah penelitian pengembangan atau R&D. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIA MI AL Huda Ploso Pacitan yang berjumlah 28 siswa.  Perkembangan media video animasi dipandang sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian menjelaskan bahwa media pembelajaran video berbasis dooraton yang terdapat pada penelitian ini telah memenuhi syarat kelayakan untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari validator media menunjukkan persentase sebesar 96% dan termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan ahli materi memperoleh persentase sebesar 78% dengan kategori layak. Ahli bahasa mendapatkan persentase 80% dengan kategori layak. Sedangkan hasil respon siswa sebesar 90,7% dan termasuk kategori sangat layak. Sedangkan respon guru sebesar 96% dan termasuk kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video berbasis doratoon merupakan inovasi media yang menarik, inovatif, dan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas VI Madrasah Ibtidiayah.


Keywords


Media Pembelajaran, Doratoon, Tata surya

Full Text:

PDF

References


Agustiningrum, I. A., & Madiun, U. P. (2023). Kelayakan media pembelajaran video animasi pada materi suhu dan kalor kelas V sekolah dasar. 4.

Amita Tri Prasasti, P., & Dewi, C. (2020). Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 66. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24280

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran fisika berbasis web enhanced course: mengembangkan web-logs pembelajaran fisika dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.13435

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/24628

Hapsari, G. P. P., & Zrherman. (2021). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal Basicedu, 4(1), 2384–2394. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Herwati. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 1(1), 28–36. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/90

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). PENERAPAN MEDIA VIDEO DAN ANIMASI PADA MATERI MEMVAKUM DAN MENGISI REFRIGERAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731

khairani, majidah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422

Khasanah, Q., Amita, P., Prasasti, T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 9–15. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.690

Khasanah, Q., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. (2022). Kelayakan E-Modul Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1410–1417. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3459

Melisa, A. D., & Fadlan, M. N. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbantuan Doratoon Pada Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 901–908. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.371

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Qomariah, N. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(2), 201–221. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/410/447

Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D. In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Issue 1).

Trisandi, Y. P. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing pada pokok bahasan fungsi kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(187–195), 187–195.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963


Refbacks

  • There are currently no refbacks.