Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD

Julian Wahyu Pradana, Fida Rahmatika Hadi, Ellys Mersina Mursidik

Abstract


: Artikel ini membahas pendekatan pembelajaran discovery learning di mana siswa dapat menemukan dan memahami konsep baru melalui eksplorasi dan pemecahan masalah secara mandiri. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kemampuan model discovery learning dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa dalam pembelajaran matematika, yang biasanya dinilai menggunakan skala nilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan melakukan penelusuran daring di Google Scholar, buku-buku, referensi, hasil penelitian terdahulu, artikel, catatan, serta jurnal-jurnal yang relevan. Pendekatan ini memungkinkan pengumpulan informasi yang mendalam untuk mendukung analisis dan temuan dalam penelitian serta memperoleh landasan teoritis yang kuat.


Keywords


Model Discovery Learning, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


R. A. Setyawan and H. S. Kristanti, “Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1076–1082, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.877.

D. E. Pratiwi and Mawardi, “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 288–294, 2020.

A. Wedekaningsih, H. D. Koeswati, and S. Giarti, “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika,” J. Basicedu, vol. 3, no. 1, pp. 21–26, 2019, doi: 10.31004/basicedu.v3i1.62.

M. R. U. Naibaho and E. R. Hoesein, “Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD,” JPDI (Jurnal Pendidik. Dasar Indones., vol. 6, no. 1, p. 19, 2021, doi: 10.26737/jpdi.v6i1.2290.

M. W. Mucholladum, “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V,” PTK J. Tindakan Kelas, vol. 2, no. 2, pp. 134–142, 2022, doi: 10.53624/ptk.v2i2.48.

V. T. H. Moko, M. Chamdani, and M. Salimi, “Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika,” Inov. Kurikulum, vol. 19, no. 2, pp. 131–142, 2022, doi: 10.17509/jik.v19i2.44974.

F. Aini, Y. Efendi, and M. A. Movitaria, “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar PAIDBP Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Model Discovery Learning,” Attadrib J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 2, pp. 55–61, 2021, doi: 10.54069/attadrib.v4i2.145.

M. L. Putri and E. Sukma, “Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sdn 15 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 2214–2222, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.