Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Komposisi dan Dekomposisi Bangun Datar Dengan Media Puzzle Kelas IV di SD Negeri 04 Klegen

Pinta Nur Ika Sari, Purwandari Purwandari, Setyaningsih Setyaningsih

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tanpa mengabaikan kebutuhan bermain anak dengan menggunakan media pembelajaran edukatif puzzle di SD Negeri 04 Klegen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas IV. Sumber data meliputi siswa, guru, dan kepala sekolah. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari peningkatan nilai yang diperoleh siswa dan peningkatan presentase pada setiap aspek yang diobservasi. Pada saat observasi, presentase aktivitas guru saat proses pembelajaran yakni dari siklis I 2,50% naik pada siklus II menjadi 4,16% terjadi peningkatan sebesar 1,66%. Pada aktivitas peserta didik juga terjadi peningkatan dari siklus I dari 2,30% pada siklus II naik menjadi 3,38% terjadi peningkatan sebesar 1,08%. Pada hasil belajar juga terjadi peningkatan dari siklus I 41,66% pada siklus II naik menjadi 75% terjadi peningkatan sebesar 33,34%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tujuan yang diharapkan sudah tercapai yaitu adanya peningkatan minat, senang, semangat dan keaktifan serta hasil belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang berpengaruh pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Media Pembelajaran Puzzle, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajariyah Ela Latifatul, 2017, Penerapan Media Puzzle Untukmeningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn 01 Sumberrejo Kotagajah Tahun Pelajaran 2016/2017, Metro: Iain Metro.

Made Putra , Ni Komang Sri Adnyani Manuarti, 2021, Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur Dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar, Singaraja: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Volume 5, Number 1

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Pardjono, Dkk, 2007, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya Wina, 2011, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajara, Jakarta:Prenada Media Grub.

Sardiman, 2007, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Sardiman, Arief, 2010, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tabarin Rusyan, 1989, Proses Belajar Mangajar Yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar, Bandung: Bina Budaya.

Thobroni Muhammad, 2013, Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Uno B. Hamzah, 2011, Menjadi Peneliti Ptk Profesional, Jakarta:Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.