Implementasi Pendidikan Karakter di Lingkungan Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : Berdasarkan pengamatan kami, pada setiap pagi hari guru mewajibkan siswa untuk memberi salam dan mencium tangan kepada guru, setelah itu dilanjutkan dengan sholat dhuha bersama di masjid, lalu dilanjutkan dengan hafalan surat pendek dan doa untuk mengawali pembelajaran. Pada setiap hari sabtu dilaksanakan muhadoroh (latihan pidato) untuk setiap kelas, dimulai dari kelas 3 sampai kelas 6 dan setiap kelas diambil 2 siswa untuk menjadi perwakilan dan untuk sabtu minggu depan digantikan oleh siswa lain kecuali siswa yang sudah menjadi perakilan. Setiap 3 minggu sekali diadakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekolah. Siswa disini dituntut menjadi siswa yang disiplin serta taat kepada aturan sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, W. Y., Saputro, R. W., Wirayudharo, T., & Ilham, F. M. (2024). Implementasi pendidikan karakter di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1-12. ISSN: 2621-8097 (Online). Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Arifin, Z. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 125-136. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.20255
Hidayatullah, M. F. (2019). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Lickona, T. (2018). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Marzuki, M. (2020). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45-60. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29812
Muslich, M. (2018). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Naim, N. (2019). Integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 59-76. https://doi.org/10.21043/jpi.v9i1.5555
Rahmawati, D. (2021). Pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap karakter religius siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 12(2), 92-104. https://doi.org/10.17509/jpdi.v12i2.25988
Saputra, M., & Sari, D. P. (2022). Efektivitas pembelajaran fiqih dalam membentuk karakter siswa di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 77-89. https://doi.org/10.21043/jpi.v14i1.6622
Setiawan, R. (2018). Metode pendidikan karakter berbasis keagamaan di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 122-134. https://doi.org/10.17509/jipgsd.v3i2.22033
Yusuf, M. (2023). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 104-116. https://doi.org/10.21043/jpi.v14i2.75
Refbacks
- There are currently no refbacks.