Implementasi Pendidikan Karakter di Lingkungan Madrasah Ibtidaiyah

Wafiq Yasfin Abdillah, Risky Wayhu Saputro, Tegar Wirayudharo, Febrian Muhamad Ilham, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian  menunjukkan sebagai berikut : Berdasarkan pengamatan kami, pada setiap pagi hari guru mewajibkan siswa untuk memberi salam dan mencium tangan kepada guru, setelah itu dilanjutkan dengan sholat dhuha bersama di masjid, lalu dilanjutkan dengan hafalan surat pendek dan doa untuk mengawali pembelajaran. Pada setiap hari sabtu dilaksanakan muhadoroh (latihan pidato) untuk setiap kelas, dimulai dari kelas 3 sampai kelas 6 dan setiap kelas diambil 2 siswa untuk menjadi perwakilan dan untuk sabtu minggu depan digantikan oleh siswa lain kecuali siswa yang sudah menjadi perakilan. Setiap 3 minggu sekali diadakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekolah. Siswa disini dituntut menjadi siswa yang disiplin serta taat kepada aturan sekolah.


Keywords


Pendidikan karakter, Madrasah ibtidaiyah, Anak

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W. Y., Saputro, R. W., Wirayudharo, T., & Ilham, F. M. (2024). Implementasi pendidikan karakter di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1-12. ISSN: 2621-8097 (Online). Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Arifin, Z. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 125-136. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.20255

Hidayatullah, M. F. (2019). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Lickona, T. (2018). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Marzuki, M. (2020). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45-60. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29812

Muslich, M. (2018). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Naim, N. (2019). Integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 59-76. https://doi.org/10.21043/jpi.v9i1.5555

Rahmawati, D. (2021). Pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap karakter religius siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 12(2), 92-104. https://doi.org/10.17509/jpdi.v12i2.25988

Saputra, M., & Sari, D. P. (2022). Efektivitas pembelajaran fiqih dalam membentuk karakter siswa di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 77-89. https://doi.org/10.21043/jpi.v14i1.6622

Setiawan, R. (2018). Metode pendidikan karakter berbasis keagamaan di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 122-134. https://doi.org/10.17509/jipgsd.v3i2.22033

Yusuf, M. (2023). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 104-116. https://doi.org/10.21043/jpi.v14i2.75


Refbacks

  • There are currently no refbacks.