Pengaruh Media Kartu Bergambar Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Membaca Kelas I

Putri Regina Ameliya, Ivayuni Listiani, Hendra Erik Rudyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar berbasis model pembelajaran Discovery Learning (DL) terhadap kemampuan membaca kelas I. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimental design dengan jenis penelitian posstest only control design. Siswa sejumlah 50 dari kelas I terpilih menjadi sampel penelitian (group A dan B). subjek dalam penelitian terdiri atas siswa kelas I SDN 01 Demangan sebagai kelas control dan SDN 04 Manisrejo sebagai kelas eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan teknik simple ramdom sampling. Pengumpulan data yaitu dengan cara posttest. Berdasarkan hasil peneliti, kelas eksperimen lebih meningkat nilinya disbanding kelas kontrol.  Data perolehan dari uji-t :thitung (7,169238845) > ttabel (2,010634758) maka H0 ditolak dan Ha diiterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh media kartu bergambar berbasis model pembelajaran DL terhadap kemampuan membaca kelas I.


Keywords


Kuantitatif, Media Kartu Bergambar, Discovery Learning, Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF

References


Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Heny Kusuma Widyaningrum*, Cerianing Putri Pratiwi, I. L. (2018). Pelatihan Pembuatan Media 3D Dengan Menggunakan Media Pop-up Book Sebagai Bentuk Peningkatan Gerakan Literasi Baca dan Tulis Siswa Sekolah Dasar. 4(1), 53–54.

Ningrum, T. S., Sari, M. K., & Listiani, I. (2022). Pengaruh Metode Make A Match Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SDN 03 Madiun Lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1582–1592. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Nurma Pertiwi, I., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 261–270.

Pakistyaningsih, A., Bahak, M., By, U., & Rudyanto, H. E. (2019). School Library Utilization Technology Model to Improve Reading Interest and Reading Ability in Elementary Education. 7(9), 1945–1955. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070914

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172.

Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305


Refbacks

  • There are currently no refbacks.