Analisis Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS kelas V

Prasetyaning Windy Pramesti, Pinkan Amita Tri Prasasti, Raras Setyo Retno

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Media pembelajaran menggunakan wordwall pada materi “makan dan dimakan ( bab 2 harmoni dalam ekosistem)”. Metode penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan tahapan observasi, wawancara, dan angket. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari wordwall adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi makan dan dimakan yang telah dibahas. Siswa mengungkapkan betapa menyenangkan dan menariknya mereka menemukan media wordwall ini. Materi peneliti cukup menarik, menurut guru kelas, untuk kelas V. Media pembelajaran wordwall ini dapat membantu siswa kelas V menjadi lebih termotivasi dalam belajar.


Keywords


Media Pembelajaran, Wordwall

Full Text:

PDF

References


Choirunisa Melgina; Prasasti Pinkan; Setyo Raras. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Pembelajaran Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(02), 356–364., 08(September), 356–364. Http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/5510/5/Bab 2.Pdf

Fanny. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 Di Min 2 Kota Tangerang Selatan.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2022.V12.I3.P236-243

Hasdiana, U. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1).Http://Link.Springer.Com/10.1007/978-3-319-59379-1%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Ab.2015.03.024%0ahttps://Doi.Org/10.1080/07352689.2018.1441103%0ahttp://Www.Chile.Bmw-Motorrad.Cl/Sync/Showroom/Lam/Es/

Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). The Influence Of Wordwall On Students Interests And Learning Outcomes. Jurnal Penelitialn Ilmu Pendidikan, 15(2), 211–223. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpip/Article/View/51691%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.21831/Jpipfip.V15i2.51691

Jannah, M. (2022). Journal Of English Language Teaching Efl Students ’ Perspectives On The Use Of Wordwall . Net As Vocabulary Learning Media. 6(1), 115–124.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. Https://Doi.Org/10.35446/Diklatreview.V3i1.349

Meilina, S., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Flash Berbasis Project Based Learning Untuk Pengembangan Ipas Siswa Kelas 4. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 611. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V8i2.3472

Nenohai, J. A., Rokhim, D. A., Agustina, N. I., & Munzil, M. (2022). Development Of Gamification-Based Wordwall Game Platform On Reaction Rate Materials. Orbital, 14(2), 116–122. Https://Doi.Org/10.17807/Orbital.V14i2.16206

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/1490

Pinkan, P. (2015). Efektivitas Model Problem Based Learning ( Pbl ) Disertai Fishbone Diagram ( Fd ) Untuk Memberdayakan Kemampuan Menganalisis Abad Yang Didominasi Oleh Berbagai Pengetahuan Yang Pengembangan Otak . Manusia Memanfaatkan Otak Hidup Maupun Keterampilan Khusus.

Prasasti, P. A. T., & Rahayu, S. (2023). Portraying Science Activities Of Elementary School Student That Promote Scientific Literacy: A Need Assessment. Aip Conference Proceedings, 2569(January). Https://Doi.Org/10.1063/5.0113479

Prasasti Pinkan, L. I. (2018). Pengembangan Pembelajaran Sains Sd. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. Http://Link.Springer.Com/10.1007/978-3-319-59379-1%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Ab.2015.03.024%0ahttps://Doi.Org/10.1080/07352689.2018.1441103%0ahttp://Www.Chile.Bmw-Motorrad.Cl/Sync/Showroom/Lam/Es/

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. 4(April), 195–199.

Yulianti, M., Retno, R. S., & Kusumawati, N. (2023). Pengembangan Media Flipbook Digital Berbasis Literasi Sains Materi Mengubah Bentuk Energi Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Pandean. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1432. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V7i3.2559


Refbacks

  • There are currently no refbacks.